• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

3 August
13:29 2017
0 Votes (0)

VOI HDS 3 Agustus 1960, Kemerdekaan Niger.

Hari Kemerdekaan di Republik Niger Diperingati Pada tanggal 3 Agustus, menandai kemerdekaan bangsa Niger dari Perancis pada tahun 1960. Republik Niger adalah sebuah negara yang terkurung oleh daratan di bagian barat Afrika. Niger berbatasan dengan Nigeria dan Benin di sebelah selatan; Mali di barat; Aljazair dan Libya di utara; dan Chad di sebelah timur. Nama negara ini diambil dari Sungai Niger. Selain posisinya yang terkurung daratan, Niger menghadapi tantangan serius terhadap pembangunan pendidikan yang buruk dan kemiskinan rakyatnya, kurangnya infrastruktur, perawatan kesehatan yang buruk, dan berbagai masalah lingkungan hidup. Sejak kemerdekaan, Nigeria telah hidup di bawah lima konstitusi dan tiga periode pemerintahan militer. Setelah kudeta militer pada tahun 2010, Niger telah menjadi negara demokratis, negara multi-partai.

3 Agustus 2005, Mahmud Ahmadinejad dilantik sebagai presiden Iran.

Mahmud Ahmadinejad adalah Presiden Iran yang keenam. Jabatan kepresidenannya dimulai pada 3 Agustus 2005. Ia dikenal secara luas sebagai seorang tokoh konservatif yang sangat setia terhadap nilai-nilai Revolusi Islam Iran. Pada masa Perang Iran-Irak, Ahmedinejad bergabung dengan Korps Pengawal Revolusi Islam pada 1986. Dia kemudian menjadi insinyur kepala pasukan keenam Korps dan kepala staf Korps di sebelah barat Iran. Setelah perang, dia bertugas sebagai wakil gubernur dan gubernur Maku dan Khoy, Penasehat Menteri Kebudayaan dan Ajaran Islam, dan gubernur provinsi Ardabil dari 1993 hingga Oktober 1997. Ahmadinejad lalu terpilih sebagai wali kota Teheran pada Mei 2003. Dalam masa tugasnya, dia mengembalikan banyak perubahan yang dilakukan wali kota-wali kota sebelumnya yang lebih moderat dan reformis, dan mementingkan nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan-kegiatan di pusat-pusat kebudayaan. Setelah dua tahun sebagai wali kota Teheran, Ahmadinejad lalu terpilih sebagai presiden baru Iran. Pada Pemilihan Presiden Iran 2013, ia digantikan oleh tokoh konservatif moderat Hassan Rouhani.

3 Agustus 2005, Tentara Mauritania Mengkudeta Presiden Maaouya Ould Sid'Ahmedtaya .

Tentara dan anggota pasukan pengawal presiden di Mauritania melancarkan kudeta kepada Presiden Maaouya Ould Taya,. Kudeta dilancarkan ketika Presiden Maaouya Ould Sid’Ahmed Taya berada di Arab Saudi, dalam rangka pemakaman Raja Fahd. Tentara mengambil-alih markas besar angkatan bersenjata, juga stasiun televisi dan radio pemerintah. Ketika dia keluar negara untuk mengunjungi pemakaman Raja Fahd Arab Saudi pada awal Agustus 2005, tentara melaporkan memegang media pemerintah. Kelompok yang menamakan dirinya sebagai Dewan Militer untuk Keadilan dan Demokrasi mengumumkan kudeta dalam pernyataan yang dilakukan oleh kantor berita negara pada 3 Agustus 2005. Kudeta dipimpin oleh Kolonel Ely Ould Mohamed Vall dan membentuk junta militer. Diumumkan bahwa diktatur militer akan berlangsung selama dua tahun untuk mempersiapkan penerapan institusi demokratis.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00