• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hari Ini Dalam Sejarah

Hari Ini Dalam Sejarah

1 August
14:10 2017
0 Votes (0)

Hari ini dalam sejarah dengan peristiwa 1 Agustus tahun 1914, Perang Dunia pertama secara resmi dimulai.

Perang Dunia I secara resmi dimulai dengan adanya pengumuman perang dari Jerman terhadap Rusia pada 1 Agustus tahun 1914. Tiga hari sebelumnya, Austria juga mengumumkan perang terhadap Serbia dengan alasan terbunuhnya putra mahkota Austria di Sarajevo. Setelah melancarkan perang terhadap Rusia, Jerman juga memerangi Perancis dan perang pun meluas dengan cepat. Dalam perang ini, Jerman bersekutu dengan Austria, Hongaria, dan Ottoman Turki. Sementara itu, Perancis, Inggris, Rusia, dan Serbia bergabung dalam kelompok Sekutu. Persiapan perang ini sesungguhnya telah dimulai sejak lama. Puluhan tahun sebelum dimulainya perang, negara-negara besar Eropa terlibat dalam persaingan senjata dan berusaha untuk memperluas wilayah penjajahan mereka. Selain itu, pemikiran nasionalisme juga semakin menguat di Eropa. Dalam perang ini, awalnya Jerman dan kelompok Axis hampir menang, namun kemudian AS bergabung ke dalam kelompok Sekutu, sehingga kekuatan Sekutu semakin besar dan akhirnya meraih kemenangan. Perang ini secara resmi berakhir tanggal 11 November 1918 dengan menjatuhkan korban tewas 9 juta orang, 29 juta orang cacat, dan 5 juta orang hilang. Pada tahun 1919, pihak-pihak yang terlibat perang menandatangani Perjanjian Versailles yang memberikan denda besar terhadap Jerman sebagai pihak yang memulai perang.

Peristiwa yang terjadi pada 1 Agustus 1975, Babak akhir pertemuan Konferensi Keamanan dan Kerja sama Eropa ditandai dengan penandatanganan Final Act di Helsinski.

Pertemuan Konferensi Keamanan dan Kerja sama Eropa atau Conference on Security and Cooperation in Europe yang diadakan di Helsinski, Finlandia diakhiri dengan penandatanganan Final Act pada tanggal 1 Agustus 1975. Ada 35 kepala Negara dan pemerintahan dari Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada berkumpul untuk penandatanganan Final Act. Kepala Negara dan pemerintahan yang hadir di antaranya adalah presiden Amerika Serikat Gerald Ford, Presiden Rusia Leonid Brezhnev. Pada awalnya, Final Act tidak dimaksudkan untuk memiliki kekuatan yang mengikat dan hanya berurusan dalam bidang keamanan internasional dan hubungan antara Negara. Tetapi dalam perkembanganya, Final Act menjadi dokumen yang memiliki kekuatan hukum yang mengikat dan memiliki cakupan terhadap persoalan yang sangat luas. Konferensi Keamanan dan Kerja sama Eropa berubah nama menjadi Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa  atau Organization for Security and Co-operation in Europe.

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 1 Agustus 1980, Vigdis Finnbogadottir, wanita pertama terpilih untuk Presiden Islandia.

1 Agustus 1980 Vigdis Finnbogadóttir  terpilih sebagai Presiden Republik Islandia. Ia adalah presiden wanita yang pertama terpilih pada 1980. Ia menjabat sebagai presiden mulai dari tahun 1980 sampai pada tahun 1996. Ia dipilih kembali tanpa lawan pada 1984,1988, dan 1992. Vigdís Finnbogadóttir juga menjadi presiden yang paling lama menjabat dari semua presiden perempuan terpilih dari setiap negara sampai saat ini yaitu 16 tahun.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00