• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Dunia Alahraga

27 January
13:18 2017
0 Votes (0)

Salam Olahraga. Pendengar, jumpa lagi dengan saya Sugianto dalam acara Dunia Olahraga Dari RRI World Service Voice of Indonesia, yang mengabarkan kepada Anda tentang berita-berita olahraga nasional maupun Internasional, yang kami sampaikan setiap hari Jum’at, melalui www.voi.co.id Pendengar, informasi pertama Dunia Olahraga kita awali Yaitu Dari Cabang Sepakbola. Jokowi segera benahi persepakbolaan nasional

Presiden Joko Widodo menyatakan akan segera membenahi secara total sistem dan tata kelola sepak bola nasional agar semakin kompetitif dan berkualitas dengan mengusung fair play. Presiden Joko Widodo  saat membuka rapat terbatas dengan topik Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional di Kantor Presiden Jakarta, Selasa, menyampaikan empat formula untuk membenahi sistem dan tata kelola sepak bola nasional.

Ke empat formula itu antara lain, Presiden minta pembinaaan sepak bola dilaksanakan sejak usia dini, Kedua  pembenahan total terhadap sistem tata kelola sepak bola nasional yang lebih kompetitif, lebih kualitas yang mengusung fair play.

Ketiga yang menjadi perhatian Presiden yakni pembinaan manajemen klub sehingga ia meminta masukan dan keinginan dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia-PSSI secara langsung. Terakhir, harus segera disiapkan infrastruktur stadion atau tempat pelatihan yang memenuhi syarat.

Berita Olahraga  selanjutnya Masih Cabang Sepakbola. La Liga Dukung Luis Milla Latih Timnas Indonesia

Indonesia akhirnya memilih  Luis Milla asal Spanyol untuk menjadi Pelatih tim nasional sepakbola Indonesia. Mantan pemain Real Madrid dan Barcelona tersebut akan menangani tim Garuda selama dua tahun ke depan. Proyek terdekat Milla bersama Indonesia adalah menyongsong SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Sementara itu, Direktur teknik Timnas Indonesia, Danurwindo menjelaskan alasan penunjukkan arsitek asal Spanyol tersebut bahwa pemilihan Milla bukan tanpa melewati proses seleksi.  Sebelumnya ada 10 calon pelatih hingga tersaring menjadi enam, dan terakhir tinggal dua kandidat yakni Luis Fernandez dan Luis MIlla.

Menurut  Danurwindo, berdasarkan latar belakang Luis Milla yang asli produk Akademi sepakbola Barcelona, La Messia, menjadi kelebihannya secara spesifik. Milla dinilai lebih cocok untuk melatih Timnas Indonesia terutama usia muda.

Selama bertugas di Indonesia, Luis Milla bakal berperan ganda sebagai pelatih  Timnas Indonesia U-22 sekaligus senior untuk menghadapi event olahraga akbar SEA Games2017 di Malaysia, ASIAN Games dan AFF. Mengenai gaya bermain,  Danurwindo  melihat Milla akan menerapkan pola positioning bukan bola-bola jauh. Rekam jejak Milla dinilai lebih condong melatih tim nasional ketimbang level klub.

Luis Milla diharapkan menjadi solusi buat Indonesia yang sulit mendapatkan prestasi membanggakan di level internasional. Akhir tahun 2016, Garuda kembali gagal di Piala AFF. Pengalaman dan nama besar Milla diharapkan dapat menjadi inspirasi buat pemain-pemain Indonesia terutama yang berusia muda.

 Saudara pendengar dimana saja berada, sebelum kita lanjutkan berita olahraga , mari kita dengarkan sebuah lagu berikut ini .............Kita lanjutkan Dunia Olahraga dari RRI Wolrd Service bersama saya….. Berita selanjutnya dari  Cabang Bola Voli. Tim nasional dibentuk setelah Proliga 2017

Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) akan menentukan skuat tim nasional sekaligus pelatihnya untuk ajang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018, setelah gelaran Proliga 2017 yang akan berakhir bulan April mendatang. Hal itu dikatakan Wakil Ketua V Bidang pertandingan dan kompetisi PP PBVSI Regi Nelwan seperti dikutip Antara, di Jakarta, Selasa.

Hal yang dinyatakan Regi tersebut menegaskan apa yang diungkapkan oleh Ketua V PP PBVSI Hanny S Surkatty bahwa ajang Proliga 2017 ini menjadi ajang pemantauan atlet untuk masuk ke Pemusatan Latihan Nasional. Pemantauan tersebut akan dilakukan PP PBVSI dengan menggunakan pencari bakat dari Badan Tim Nasional (BTN) yang dibentuk pengurus untuk memantau penampilan dan perkembangan para atlet untuk diseleksi masuk ke tim nasional.

 Ajang proliga 2017 ini sendiri akan mulai bergulir pada Jumat (27/1) hingga April 2017, di mana ada enam tim putra dan tujuh tim putri sebagai pesertanya. Untuk tim putri yang akan tampil pada gelaran proliga 2017 ini adalah Jakarta Elektrik PLN, Jakarta Pertamina Energi, Gresik Petrokimia, Jakarta PGN Popsivo Polwan, Batam Sindo BVN, Jakarta BNI Taplus dan Bandung Bank BJB. Sedangkan untuk putra akan terdiri dari Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta BNI Taplus, Jakarta Pertamina Energi, Palembang Bank Sumsel-Babel, Batam Sindo BVN serta Jakarta Elektrik PLN.Kita akhiri Dunia Olahraga dari Cabang Atletik, PB PASI  siap mengontrak pelatih Asing

PB PASI berencana mendatangkan pelatih terbaik dunia sebagai konsultan untuk mendongrak prestasi atletnya di SEA Games 2017 dan Asian Games 201

Adalah Harry Marra, yang saat ini tengah dijajaki untuk menjadi konsultan atletik Indonesia. Harry sendiri merupakan pelatih asal Amerika Serikat yang sukses membawa Ashton Eaton merebut medali emas Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Pada Desember tahun lalu, dia bahkan baru dinobatkan sebagai pelatih terbaik 2016 di dunia dari Federasi Atletik Internasional (IAAF). 

Sekretaris Jenderal PB PASI, Tigor Tanjung, mengatakan langkah mendatangkan pelatih nomor satu dunia ini tak lepas dari target yang hendak dicapai kepengurusan baru PB PASI di bawah pimpinan Bob Hasan. PASI mematok target untuk mempertahankan medali emas Asian Games dan meraih Olimpiade 2020 Tokyo. 
 
Dijelaskan Tigor, jika kontrak kerjasama saat ini belum terjalin lantaran Harry harus melakukan ujicoba dulu ke Indonesia, salah satunya dengan menggelar klinik pelatihan di Cibinong pada 11 hingga 24 Februari mendatang. Coaching clinic itu menjadi proses penjajakan terakhir sebelum akhirnya kerja sama bisa ditandai dengan surat kontrak resmi. 

Tigor juga memastikan kerja sama antara PASI dan Harry direncanakan tidak hanya berhenti sampai di sana. Hasil coaching clinic dipilih pelatih dan atlet terbaik akan dibawa ke Amerika Serikat untuk menjalani training camp selama 6-8 bulan.
  Para Pendengar, demikian tadi acara Dunia Olah Raga dari RRI World Service Voice of Indonesia. Terima kasih atas perhatian dan kesetiaannya yang selalu mendengarkan siaran kami. Sampai jumpa minggu depan dengan berita berita hangat lainnya dari DuniaOlah Raga Indonesia.... Saya Sugianto dan  salam olahraga.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00