• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Dunia Olahraga Dari RRI World Service Voice of Indonesi

20 January
13:22 2017
0 Votes (0)

Salam Olahraga. Pendengar, jumpa lagi dengan saya Sugianto dalam acara Dunia Olahraga Dari RRI World Service Voice of Indonesia, yang mengabarkan kepada Anda tentang berita-berita olahraga nasional maupun Internasional, yang kami sampaikan setiap hari Jum’at, melalui www.voi.co.id Pendengar, informasi pertama Dunia Olahraga kita awali Yaitu Dari Cabang balap : gelaran kejuaraan dunia balap motorcross peluang sekaligus tantangan

Menteri Pemuda dan Olahraga-Menpora Imam Nahrawi menyebut gelaran kejuaraan dunia motocross MXGP yang akan diselenggarakan di Pangkalpinang, Bangka Belitung tanggal 4-5 Maret 2017 mendatang merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia. Hal itu dikatakan Menteri Imam Nahrawi dalam temu wartawan di Kompleks Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Rabu. Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga, Jika acara kejuraan dunia Balap motorcross berjalan sukses, akan menjadi jalan untuk mendorong pariwisata Indonesia secara umum dan khususnya pariwisata Bangka Belitung.

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat  Ikatan Motor Indonesia, IMI,  Sadikin Aksa mengatakan, IMI sudah bekerjasama dengan pihak promotor acara , dan  bertekad menyukseskan ajang ini seperti ditekankan oleh regulator Federation International Motocross (FIM) dan juga berharap banyak penggemar motocross datang ke Bangka Belitung lewatPendengar, informasi pertama Dunia Olahraga kita awali Yaitu Dari Cabang balap : gelaran kejuaraan dunia balap motorcross peluang sekaligus tantangan

Menteri Pemuda dan Olahraga-Menpora Imam Nahrawi menyebut gelaran kejuaraan dunia motocross MXGP yang akan diselenggarakan di Pangkalpinang, Bangka Belitung tanggal 4-5 Maret 2017 mendatang merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia. Hal itu dikatakan Menteri Imam Nahrawi dalam temu wartawan di Kompleks Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Rabu. Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga, Jika acara kejuraan dunia Balap motorcross berjalan sukses, akan menjadi jalan untuk mendorong pariwisata Indonesia secara umum dan khususnya pariwisata Bangka Belitung.

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat  Ikatan Motor Indonesia, IMI,  Sadikin Aksa mengatakan, IMI sudah bekerjasama dengan pihak promotor acara , dan  bertekad menyukseskan ajang ini seperti ditekankan oleh regulator Federation International Motocross (FIM) dan juga berharap banyak penggemar motocross datang ke Bangka Belitung lewat gelaran itu.

Diketahui, Indonesia menjadi bagian dari 20 seri MXGP sekaligus satu satu nya yang berlangsung di Asia dan akan menjadi seri pertama dari tujuh seri perlombaan bagi kelas yang dibuat untuk crosser wanita (Womens Motocross Championship/WMX) selama rangkaian MXGP 2017 tersebut.

Sementara itu, A.Yudiarto,, Direktur Event Organizer Lightning Production, salah satu EO lokal MXGP mengatakan, Saat ini sirkuit yang konsep nya dibuat tertutup, sudah terbentuk  dan akan selesai bulan Februari. Menurut Yudi, sirkuit akan memiliki panjang lintasan sirkuit akan dibuat sepanjang 1.500-1.600 meter persegi, dengan minimal 16 rintangan, dan lebar start adalah 48 meter. Di sirkuit itu juga akan menampung 100 ribu penonton, yang terbagi dalam kelas festival, superfestival, VIP, dan VVIP. 

Untuk memperkuat kegiatan internasional tersebut,  Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) berkolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan Pemerintah Kota Pangkalpinang telah menyelesaikan license payment pada pihak Youthstream selaku promotor kegiatan dan pemegang lisensi.

Berita Olahraga  selanjutnya  adalah dari  Cabang Bulutangkis. Ganda Putri Pratama Ditargetkan Raih Gelar di Kejuaraan Dunia Junior 2017

Target tinggi telah ditetapkan untuk ganda putri pratama Pelatihan Nasional Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia-pelatnas PBSI. Tim pratama ditargetkan mampu meraih gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2017. Indonesia akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2017, yang akan dilangsungkan di Yogyakarta pada akhir tahun ini.

Kepala Pelatih Ganda Putri PBSI Eng Hian seperti yang dikutip dari Detik.com, dalam acara Gathering Tim Ganda Putri yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat mengatakan semua Pemain pratama, semua masuk pelatnas harus punya tujuan, dan targetnya harus lebih dari waktu jadi pemain klub. Karena sudah berstatus pemain nasional maka tanggung jawab dan tantangannya lebih besar.

Menurut Eng Hian, tantangan pertama adalah satu gelar di World Junior Championships 2017. Tim ganda putri pratama sudah mulai berlatih di pelatnas pada awal Januari 2017. Terdapat enam pasangan ganda putri pratama pelatnas. Mereka adalah Phita Haningtyas Mentari/Virni Putri Jafar, Jauza Fadhila Sugiarto/Serena Kani, Vania Arianti Sukoco/Ramadhani Hastiyanti Putri, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Agatha Imanuela, dan Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma. 

Saudara pendengar dimana saja berada, sebelum kita lanjutkan berita olahraga , mari kita dengarkan sebuah lagu berikut ini .............Kita lanjutkan Dunia Olahraga dari RRI Wolrd Service bersama saya….. Berita selanjutnya dari  Cabang Sepakbola. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia siap membidik pelatih U-19 Spanyol

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia -PSSI akan memilih Luis Milla sebagai pelatih timnas Indonesia yang baru. Dia mempunyai nilai lebih di mata federasi sepakbola tanah air.  Menurut kabar dari lingkungan PSSI, Luis Milla dijadwalkan datang ke Indonesia pekan ini sekaligus  memaparkan program untuk menjadi pelatih timnas U-22 yang dipersiapkan untuk SEA Games Kuala Lumpur dan Asian Games 2018. Selain Milla, PSSI masih mempunyai kandidat lain Luiz Fernandez. Eks pelatih Paris Saint-Germain itu disebut sudah memaparkan programnya lebih dulu. 

Sekretaris jendral Sekjen PSSI, Ade Wellington, berharap akan ada kecocokan dengan Milla. Komunikasi yang intens sedang dibangun dengan eks pemain Barcelona dan Real Madrid itu. Milla mempunyai nilai lebih di mata PSSI karena mampu mengantarkan timnas U-21 menjadi juara Piala Eropa di tahun 2011.

Seperti yang dikutip dari Detik.com, Selasa lalu, Ade Wellington mengatakan, target PSSI adalah pada SEA Games Kualalumpur dan Asian Games 2018 yang akan menurunkan Timnas U-22.  Jadi, kata  Ade Wellington, mudah-mudahan ada kecocokan.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi mengatakan, meski Luis Milla melakukan presentasi langsung di Indonesia, proses penunjukkan pelatih timnas masih menunggu keputusan rapat PSSI yang akan digelar setelahnya. Edy berharap setelah penunjukkan resmi nantinya, pelatih langsung bisa bekerja menyiapkan tim pada Februari mendatang. Pihaknya ingin di bulan Februari timnas sudah mulai berjalan.Kita akhiri Dunia Olahraga  dengan  informasi tentang edukasi Doping kepada seluruh Pengurus cabang Olahraga di Indonesia

Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) akan mengadakan rapat dengan pengurus-pengurus cabang olahraga bulan depan. Ini menyusul kasus penggunaan doping yang menimpa 14 atlet Pekan Olah Raga Nasional PON dan Perpanas Jawa Barat lalu.

Ketua LADI, Zaini Kadhafi,, dalam sebuah diskusi tentang DOPING di Jakarta, Kamis,  mengatakan banyak hal yang masih belum dipahami cabang olahraga - cabor, termasuk para atlet terkait zat-zat doping apa yang dilarang. Karenanya, penting bagi LADI untuk melakukan edukasi dan sosialisasi secara menyeluruh. Tidak hanya kepada atlet, tetapi kepada pelatih dan pengurus cabor. 

Zaini Khadi menjelaskan Atlet itu harus tahu apa yang boleh dan tidak bolah dimakan, terkait suplemen dan obat apapun harus tanya dahulu kepada dokter nutrisi. Masalahnya, bahan-bahan terlarang itu setiap tahun berubah dan bertambah macamnya sehingga perlu adanya sosialisasi terus menerus dan berkelanjutan
.
Sementara itu,  Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia - KONI Pusat, K. Inugroho mengatakan, KONI sebagai induk seluruh cabang olahraga akan bertanggung jawab soal doping. Pihaknya berencana untuk menerapkan pemeriksaan nutrisi, suplemen dan obat-obatan yang akan dikonsumsi oleh atlet.

Pada Februari nanti LADI akan bertemu dengan induk organisasi cabang olahraga. Kemudian, LADI akan mensinergikan program dengan KONI Pusat, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) serta stakeholder olahraga nasional.

 Para Pendengar, demikian tadi acara Dunia Olah Raga dari RRI World Service Voice of Indonesia. Terima kasih atas perhatian dan kesetiaannya yang selalu mendengarkan siaran kami. Sampai jumpa minggu depan dengan berita berita hangat lainnya dari DuniaOlah Raga Indonesia.... Saya Sugianto dan  salam olahraga./

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00