• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

KSOP Ternate Optimalkan Keberangkatan Kapal Mengacu Pada Info Cuaca BMKG

11 January
22:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ternate : Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate  hingga kini terus memantau kondisi cuaca di Perairan Maluku Utara sebelum memberikan Surat Izin Pelayaran kepada nahkoda.

Kapal komersial yang melayani rute domestik maupin diluar Provinsi Maluku Utara tetap memantau kondisi cuaca yang mengacu pada info BMKG.

Kepala Seksi Keselamatan Pelayaran KSOP Ternate Joni Djiko saat dikonfirmasi RRI Jumat (11/1/2019) mengatakan, pihaknya akan selalu mengikuti perkembangan cuaca  dari pihak BMKG sebelum mengeluarkan ijin berlayar terhadap transportasi laut baik itu domestik maupun diluar Maluku Utara.

”Kami tetap dalam memberangkatkan kapal mengacu pada info BMKG, jika kondisi tidak memungkinkan kapal tidak diberangkatkan begitu pula tidak dikeluarkan Surat Izin Berlayar,” Tandas Joni Djiko, Jumat (11/1/2019).

Di bulan Januari sendiri kata Joni Djiko, pihaknya sudah pernah menunda keberangkatan kapal, diantaranya Kapal Penyeberangan Ferry yang akan berangkat dari Ternate menuju Bitung yang terpaksa harus ditunda keberangkatannya akibat tinggi gelombang di Perairan Pulau Batang Dua.

Disamping itu juga pihaknya selalu memeriksa kondisi kapal sebelum diberangkatkan, namun yang lebih mengetahui pasti kondisi kapal adalah pihak nahkoda dan ABK, sehingga kerja sama yang baik bisa menghasilkan keselamatan pelayaran seperti yang diharapkan bersama. (nng/tte).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00