• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Bisnis Perhotelan di Tarakan Semakin Menjanjikan

13 February
08:41 2020

KBRN, Tarakan : Sebagai kota kecil yang berdekatan dengan Tawau, Malaysia, bisnis perhotelan di Tarakan masih cukup menjanjikan. Hal itu terlihat setiap tahun selalu ada pembangunan hotel baru.

Kepala Dinas Pariwisata Tarakan, Agustina mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Pariwisata tercatat jumlah ada 44 hotel di kota Tarakan, bahkan beberapa hotel melakukan renovasi serta menambah tinggi bangunan.

"Tarakan kota kecil tapi pertumbuhan hotel cukup pesat, kalau dibilang tidak ada tamu ngapain pengusaha buat  hotel," kata Agustina, Kamis (13/2/2020).

Agustina membeberkan, bahkan pesatnya pembangunan hotel di Tarakan juga diakui oleh perwakilan Kementerian Pariwisata saat event Iraw Tengkayu pada Desember 2019.

"Event Iraw Tengkayu sudah masuk dalam kalender Kementerian Pariwisata, saat perwakilan Kementerian Pariwisata datang ke Tarakan cukup kaget karena jumlah hotel di Tarakan cukup banyak, berbeda dengan kota kecil lainnya yang jumlah hotelnya sedikit," ucapanya.

Cerahnya bisnis perhotelan juga disebabkan letak geografis Tarakan yang menguntungkan, selain dekat dengan perbatasan Tawau, Malaysia juga merupakan daerah transit.

"Tarakan ini kota transit, sehingga banyak tamu atau wisatawan sebelum ke tempat tujuan banyak yang memilih menginap di Tarakan," tutupnya.(jn)

00:00:00 / 00:00:00