• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Cegah Longsor, Warga Tidak Bangun di Kawasan Rawan

8 January
10:36 2020

KBRN, Tarakan : Bencana Tanah Longgsor, masih menjadi persolaan bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tarakan, Ketika Intensitas Hujan tinggi dalam waktu yang lama, selain genangan air dibeberapa ruas jalan dan pemukiman masyarakat.

Namun meskipun sudah ada kawasan rawan longsor yang ditetapkan, Pembangunan Rumah tinggal masih terus terjadi, sehingga diperlukan pengawasan dari pemerintah kota Tarakan, untuk dihentikan agar tidak bertambah.

Sulaiman Warga Kampung Enam Dalam Dialog Tanggap Bencana RRI Tarakan, Musibah Tanah longsor menjadi  permasalahan bagi masyarakat yang bermukim di kawasan pegunungan, disisi lain masyarakat tidak untuk membangun rumah tinggal meskipun mengetahui kawasan bahaya longsor.

“Pemerintah Kota Tarakan seharus menindaktegas masyarakat yang membangun di Kawasan rawan longsor, pembangunan pemukiman di kawasan bukit atau gunung tampak jelas, jangan sampai ketika musibah baru teriak meminta bantuan, pemerintah juga direpotkan,” Jelas Sulaiman.

Biasanya menurut Warga Kampung Enam Tarakan ini, Pembangunan rumah tinggal dikawasan rawan longsor biasanya muncul 1 rumah, karena tidak ada teguran dan dibiarkan bertambah akhirnya menjadi pemukiman padat penduduk, menjadi kesulitan pemerintah mengambil tindakan.

Menyikapi hal itu, Budi Sunyoto Kepala Seksi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tarakan menuturkan, pihaknya terus mengingatkan Masyarakat untuk tidak mendirikan bangunan dikawasan rawan longsor, untuk menghindari bencana.

Sosialisasi dan peringatan kawasan rawan longsor dengan memasang rambu – rambu bahaya longsor sudah dilakukan BPBD Kota Tarakan, agar menjadi perhatian bagi masyarakat, tidak membangun rumah tinggal di kawasan pegunungan,” Jelasnya Rabu (8/1/2020).

Terkait Pengawasan, Menurutnya perlu koordinasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, karena dalam melakukan pembangunan masyarakat harus mengantongi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). (Rst)

00:00:00 / 00:00:00