• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Hindari Kantong Darah Berpenyakit, UTD PMI Tarakan Selektif Terima Pendonor

5 January
10:36 2020
0 Votes (0)

KBRN, Tarakan : Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Tarakan, sangat selektif dalam menerima pendonor darah. Hal tersebut  terbukti, selama 2019 lalu di temukan pendonor reaktif penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV), hepatitis B dan C serta sifilis.

Kepala UTD PMI Tarakan, dr Edi Samudro mengatakan, saat diketahui bahwa pendonor memiliki penyakit berbahaya bagi orang lain, maka pihak UTD PMI menanggil pendonor yang bersangkutan untuk diberikan penjelasan darah yang didonorkan terdeteksi reaktif penyakit HIV, sifilis dan hepatitis. 

"Saat ada pendonor yang diketahui reaktif terhadap suatu penyakit menular, pihak UTD PMI tentunya tidak menyalurkan kantong daerah tersebut kepada orang lain yang membutuhkannya. Selanjutnya oleh pihak kami diarahkan untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut ke rumah sakit," ungkap Edi, Minggu (5/1/2020). 

Berdasarkan data UTD PMI, seperti yang jelaskan Edi, tahun 2019 pendonor reaktif HIV dalam setahun ditemukan 3 orang, hepatitis B dan C dalam sebulan 6 orang, dan penderita sifilis ditemukan 2 orang dalam sebulan.

"Selain itu, untuk pengeluaran darah di UTD PMI Tarakan dalam sebulan mencapai 1.103 kantong, sedangkan selama setahun 12.137 kantong," tutup Edi. (nur)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00