• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HEADLINE

Kerukunan Umat Beragama di Tarakan Bukan Selogan

3 January
18:45 2020
0 Votes (0)

KBRN, Tarakan : Tarakan menjadi salah satu kota yang menjunjung tinggi tradisi menjaga kerukunan antar umat beragama. 

Walaupun demikian, tokoh agama diminta tetap saling bertukar informasi jika ada pihak-pihak yang ingin memecah persatuan umat beragama di Tarakan, itulah ungkapan Wali Kota Tarakan, dr Khairul,M.Kes usai menjadi instruktur upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke 74, di halaman kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tarakan, Jumat (3/1/2020).

Khairul mengatakan, sesuai tema HAB tahun ini "Umat Rukun, Indonesia Maju" sangat sesuai dengan kondisi Tarakan saat ini."Kerukunan umat beragama di Tarakan telah lama terbina. Bahkan sudah menjadi tradisi jika ada umat yang membutuhkan pertolongan umat lain membantu," kata Khairul.

Bahkan kerukunan umat beragama tidak hanya menjadi selogan pemanis bibir."Tapi diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari kerukunan itu," ungkapnya.

Kepala Kemenag Tarakan,  Shaberah menjelaskan, semua kabupaten/kota di Kalimantan Utara (Kaltara) cukup tinggi menjunjung kerukunan umat beragama."Provinsi Kaltara berada di peringkat ke 7 Nasional untuk kerukunan umat beragama," beber Shaberah.

Diakuinya, untuk mencapai peringkat 7 Nasional dalam hal kerukunan umat beragama tidaklah mudah, sebab harus melewati tahapan penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI.

"Yang mengadakan penelitian dari libang Kementrian Agama RI dan Kemenag Makassar, untuk Kaltara dan khusunya Tarakan indeks kerukunan cukup bagus," tutupnya.(jn)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00