• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Akhir Tahun, Diperkirakan Ekonomi Kaltara Meningkat Lebih Tujuh Persen

11 November
18:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, YOGYAKARTA : Isu pembatasan impor batubara oleh China dan India tak membuat produksi batubara Kaltara merosot. Sebaliknya, perusahaan tambang semakin menggenjot prudksi batu bara mereka.

Dalam paparannya di kegiatan capacity building wartawan ekonomi dan bisnis, Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Kaltara, Hendik Sudaryanto menjelaskan sektor tambang masih menjadi andalan penopang ekonomi di Kaltara.

kata Hendik Sudaryanto, ekonomi Kaltara masih bergantung pada kondisi ekonomi global. Sebab sektor lapangan usaha pertambangan dan pertanian masih berkontribusi besar terhadap ekonomi Kaltara.

"(Ekonomi) kita tumbuh relatif bagus, Triwulan satu kita tumbuh 7.00 persen, triwulan dua 7.8 persen, triwulan tiga masih 6,5 persen. Triwulan empat di perkirakan meningkat lagi lebih dari 7 persen," jelasnya.

Sementara itu peningkatan ekomoni Kaltara 2019 diprediksi akan terjadi hingga akhir Tahun. Peningkatan ekonomi ditopang oleh tingginya kinerja konstruksi dan stabilnya ekspor komoditas utama. 

"Komoditas utama pertambangan dan pertanian di Kaltara masih berorientasi ekspor. Pangsa ekonominya itu tambang 25,9 persen, pertanian 16,1 persen," terangnya. (crz)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00