• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HEADLINE

Menkominfo Launching Digitalisasi Perbatasan di Kaltara

31 August
12:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, KALTARA : Sekian lama di nanti, akhirnya Masyarakat Nunukan dapat merasakan program digitalisasi perbatasan. Digitalisasi ini dilaunching langsung Menkominfo Rudiantara bertempat di Gor Dwikora, Sabtu (31/8/2019). 

Program gagasan dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini merupakan wujud nyata membangun Indonesia dari pinggiran. Kabupaten Nunukan menjadi daerah pertama di Indonesia yang dapat menikmati program digital.

Rudiantara mengungkapkan, manfaat migrasi dari siaran analog ke siaran digital dapat mengefisiensi penggunaan spektrum frekuensi. 

"Siaran di nunukan masih menggunakan analog dan tv kabel. perlahan kita alihkan ke digital. yang pasti kualitas gambarnya lebih bagus, ini tahap pertama dari digitalisasi, proses migrasi dari analog ke digital. jadi saat ini siaran analog dan digital masih di pakai bersamaan yang kita sebut Siaran Simulkas (siaran analog dan digital bersamaan).  kalau menggunakan digital, frekuensi yang digunakan sekarang itu berbagi, sisa frekuensinya inilah yang nanti akan digunakan untuk membangun kembali di daerah seperti perbatasan ini," ungkap Menkominfo Rudiantara usai launching.

Dalam kegiatan launching Rudiantara menjelaskan, tentang cara penggunaan siaran digital kepada warga Nunukan. Salah satunya dengan menyediakan alat set top box tv digital.

"Menonton tv digital ada 2 cara, kalau ibu bapak membeli tv baru sudah ada alat untuk menangkap siaran digital, tapi kalau tv-nya agak jadul harus diberi perangkat yang tadi diserahkan, harganya antara 250 ribu sampai 300 ribu rupiah," jelasnya.

Dalam launching digitalisasi perbatasan, dengan tema "Menjahit Indonesia Dari Perbatasan" Tiga warga Nunukan memperoleh set top box tv digital yang di serahkan secara langsung. Selain itu digelar juga Video Confrence dengan Bupati Asmat, Agats, menggunakan koneksi paket palapa ring Barat dan paket Tengah. (crz)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00