• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik / Parlemen

Simon Patino, Mantan Karyawan Perusahaan Minyak Mewarnai Wajah Baru Legislator Tarakan periode 2019-2024

13 August
08:56 2019
2 Votes (5)

KBRN, Tarakan : Mengemban tugas baru Sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tarakan periode 2019-2024, Simon Patino SAB, pria kelahiran Berau, 30 Mei 1978 ini, merupakan satu dari empat wakil rakyat asal Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang kesemuanya wajah baru.

Simon bersama Anggota DPRD Tarakan terpilih kainnya telah diambil sumpah, di gedung Serbaguna Kantor Wali Kota Tarakan, Senin (12/8/2019).

Simon mengaku, perjalanannya di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 menjadi debut pertamanya mencalonkan diri sebagai wakil rakyat di Tarakan. Upayanya langsung berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Tarakan dari daerah pemilihan (Dapil) Tarakan Tengah dengan perolehan 1.052 suara.  

“Apapun strateginya pasti sama, idenya juga sama. Tapi yang menentukan masyarakat, karena Suara masyarakat adalah suara Tuhan,” ujarnya.

Jika menelusuri latar belakang pendidikan maupun pekerjaan, Simon jauh dari basic politik. Ia merupakan alumni S-1 Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bisnis di Malang, Jawa Timur. Lulus dari kuliah, Simon terjun ke dunia pekerjaan untuk mengimplementasikan ilmu yang diperolehnya. 

“Dari jualan-jualan, sampai kerja serabutan dulu. Kemudian Tahun 2004, pernah menjadi karyawan di Hotel Garden City atau yang sekarang dikenal Swis-bell hotel selama kurang lebih 7 bulan. Berhenti dari pekerjaan itu, saya masuk menjadi karyawan kontrak di PT Pertamina kurang lebih 12 tahun," jelas ayah 6 anak ini.

Berbekal pengalamannya di perusahaan minyak, Simon Patino digaet PT Mayon menjadi General Manager pada 2016, hingga beberapa bulan menjelang pelantikan. Selama di PT Mayon, Simon Patino mulai  fokus lagi ke dunia politik. Ia langsung bergabung dengan Partai Gerindra sejak 2018 dan  langsung mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif meski sempat ditentang isterinya. 

"Sebenarnya mulai terjun ke dunia politik sejak 2004. Ketika itu, bernaung di Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Malang. Hanya setahun, kemudian vakum dari dunia politik untuk fokus pada kerjaan. Awalnya istri tidak menyetujui. Tapi setelah saya berikan masukkan, akhirnya dia setuju. Mungkin sudah banyak kan kerjaan yang diurus, tapi ditambah ini nanti malah menambah beban yang bisa mempengaruhi kesehatan. Tapi saya bisa yakinkan, insya Allah bisa. Akhirnya isteri mendukung dan keluarga mendukung,” terangnya. 

Diketahui, Simon Patino berhasil meraih satu dari 9 kursi yang diperebutkan di Dapil Tarakan Tengah.  Kini, setelah setelah duduk di kursi dewan, Simon Patino ingin fokus menjadi wakil rakyat yang amanah sesuai dengan keinginan masyarakat. Mengenai posisinya di DPRD Tarakan, Simon menyerahkan pada kebijakan partainya. (CRZ)
  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00