• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HEADLINE

Kepala Baharkam Polri Siap Support Kekurangan Dit Polairud Polda Kaltara

6 August
10:41 2019
2 Votes (5)

KBRN, TARAKAN : Tingginya Gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah perbatasan Kalimantan Utara (Kaltara), khususnya wilayah perairan, disikapi langsung Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, Komisaris Jendral Polisi (Komjen Pol) Condro Kirono.

Usai melakukan kunjungan di Mako Direktorat (Dit) Polairud Polda Kaltara, Komjen Pol Condro Kirono mengungkapkan, Kaltara merupakan salah satu provinsi sangat penting, dan strategis. Karena langsung berbatasan dengan Negara lain, sehingga gangguan kamtibmas juga berpotensi tinggi diantaranya illegal fishing, illegal loging, ancaman terorisme, Peredaran Barang illegal, dan peredaran narkoba.

“Oleh karena itu saya bersama kakorpolairud meninjau wilayah penting dan strategis ini. Sekaligus mencari tahu apa saja yang perlu di support oleh Barhakam Mabes Polri. Meskipun Kapolda bekerja dalam keterbatasan, namun selalu mendapat support pemerintah daerah, dan provinsi Kaltara, sehingga kami sangat mengapresiasi itu,” ujarnya, Selasa (6/8/2019).

Adapun dukungan dalam waktu dekat yang akan di berikan, Kata Komjen Pol Condro Kirono, pihaknya segera melakukan penambahan personil Bantuan Kendali Operasi (BKO). Saat ini yang BKO dari Baharkam Polri baru satu kapal, sehingga akan di tambah satu lagi dengan personil BKO.

“Kita akan tambah satu lagi kapal dan personil BKO, karena penambahan personil ini kan harus di didik terlebih dulu, jadi akan kita cari BKO mana yang akan cepat di geser. Selanjutnya kita juga akan melakukan pengadaan kapal jenis pemburu dengan kecepatan lebih tinggi yang bisa di isi oleh 10 personil, kapal pemburu ini sangat cocok dengan kondisi perairan di Kaltara,” pungkasnya.

Terpisah, Dir Polair Polda Kaltara, Kombes Pol Heri Sasangka menuturkan, pihaknya akan mengajukan usulan, seperti penambahan personil dan dukungan anggaran untuk bahan bakar minyak (BBM),” Anggaran saat ini, masih sepertiga dari jumlah kebutuhan yang ada, dan tidak tercukupi. Ditambah dengan kondisi geografis Kaltara yang memiliki banyak jalur sungai,” singkatnya. (CRZ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00