• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Plt. Kakanwil DJPb Kaltara : Serapan Anggaran Semester I Masih Rendah

30 July
19:29 2019
1 Votes (4)

KBRN, Tanjung Selor : Dalam rangka memastikan pengelolaan APBN melalui program maupun kegiatan yang dilaksanakan satuan kerja dapat berjalan dengan baik, diperlukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran dari Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara.

Berdasarkan hal tersebut, Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Pelaksanaan Anggaran Semester I Tahun 2019 di Aula Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Utara di Tanjung Selor selama 2 hari yakni 30 s.d. 31 Juli 2019.

Plt. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Utara, Midden Sihombing, Kegiatan Rakorda dilaksanakan di Aula Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Utara di Tanjung Selor dengan konsep ”Executive Gathering” dan ”Coaching & Clinic”, untuk memberikan informasi realisasi serapan anggaran yang sudah dilaksanakan, sehingga tercapai tema yang diharapkan Dengan Optimalisasi Kinerja dan Implementasi Kartu Kredit Pemerintah (KKP) yang Efektif, Bersama Kita Bangun Benuanta”.

“Secara keseluruhan sih serapan anggaran belum sesuai dengan yang kita harapan, masih sekitar dibawah 50 persen rata-rata, kecuali kita liat belanja pegawai sudah 70 persen, tetapi kalau belanja lain masih sekitar 30 atau 40 persen masih belum memuaskan juga,” Jelas Midden Sihombing selasa (30/7/2019).

Namun dari hasil itu menurutnya, masih lebih baik dari tahun sebelumnya, hal ini disebabkan beberapa faktor karena disemester 1 ada hari raya idul fitri sehingga ada libur bersama yang cukup panjang, sehingga giat di semester 2 ini perlu ditingkatkan.

Dituturkannya, Selain serapan anggaran yang menjadi konsetrasi, sebenarnya yang paling penting yakni aspek kepatuhan dalam mempertanggungjawbankan “sekarang itu bukan besaran anggaran dicairkan tetapi aspek kepatuhan dalam mempertangungjawabkannya, kepatuhan dalam mendukung upaya Pemerintah untuk membuat perencanaan yang lebih bagus”.

Dalam Agenda Kegiatan Executive Gathering juga dilaksanakan Deklarasi Inovasi Layanan KPPN yang disampaikan 3 Kepala KPPN yakni Tanjung Selor, KPPN Tarakan, dan KPPN Nunukan, serta diskusi dengan 2 orang pemateri yakni Plt. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Utara Bapak Midden Sihombing membawakan tentang Capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) semester I tahun 2019 / Serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara Hendik Sudaryanto , yang menyampaikan materi Implementasi Kartu Kredit Pemerintah (KKP).

Dalam Kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan satker terbaik untuk Penyerapan Anggaran kategori besar diatas Rp50 Milyar, diraih Satuan Kerja BRIGIF 24/BC DAM VI/MLW, Penghargaan satker kategori pagu sedang, yaitu Rp 5 Milyar s.d. Rp 50 Milyar, diraih KPU Malinau, Kategori pagu kecil, yaitu kurang dari Rp5 Milyar, diraih Satuan Kerja Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Utara.

Sedangkan Penghargaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) kategori pagu besar Peringkat 1 Satuan Kerja Kepolisian Resort Bulungan, Peringkat 2 Satuan Kerja BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara dan Peringkat 3 Satuan Kerja Lantamal XIII Tarakan.

Penghargaan satker terbaik untuk kategori pagu sedang Peringkat 1 Satuan Kerja Dinas Nakertrans Kab. Bulungan, Peringkat 2 Kantor Pengawasan dan Pelayanan BC Tarakan, Peringkat 3, Satuan Kerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara.

Untuk Kategori Pagu Kecil Peringkat Pertama diraih Satuan Kerja Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara, Peringkat 2 Satuan Kerja Stasiun Meteorologi Juwata – Tarakan dan Peringkat 3 Satuan Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Tarakan. (RST)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00