• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

100 Persen SMK/SMA/MA Sederajat di Kaltara Terapkan Sistem UNBK

15 March
22:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tanjung Selor : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, menyatakan siap melaksanakan Nasional Nasional Berbasis Komputer (UNBK), setelah berhasil menggelar simulasi (UNBK) beberapa waktu lalu.

Kepala Disdikbud Kaltara Sigit Muriyono mengatakan, simulasi yang dilakukan untuk mengetahui kekurangan-kekurangan secara teknis dalam pelaksanaan UNBK.

“Secara teknis kadang ada persoalan-persoalan yang muncul. melalui simulasi, kita antisipasi sejak awal. Sehingga saat pelaksanaan UNBK, segala kemungkinan masalah yang muncul sudah bisa diatasi,” kata Sigit jumat (15/3/2019).

Namun secara umum, menurut Sigit, persiapan menjelang pelaksanaan UN di Kaltara sudah tidak ada masalah, termasuk persiapan komputer dan perangkat lainnya untuk UNBK.

Sigit mengungkapkan, untuk jenjang SMA dan SMK sederajat, tahun ini sudah melaksanakan UN dengan sistem UNBK 100 persen. Untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat sudah 139 sekolah atau mencapai 71,3 persen, dari 190 SMP dan MTs yang melaksanakan UN.

“Kita berharap pelaksanaan UNBK di Kaltara lebih bagus lagi. Tahun lalu, untuk tingkat SMK, Kaltara meraih peringkat 2 tersiap Nasional dan SMA peringkat 3 tersiap secara nasional dalam melaksanakan UNBK,” ungkapnya.

Phaknya, menghimbau kepada siswa yang akan mengikuti UNBK untuk mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya. Begitu kepada para guru agar memfokuskan pada mata pelajaran yang bakal diujikan. Sehingga saat pelaksanaan nanti, para siswa bisa menguasai materi sesuai standar isi, standar proses, standar penilaian dan standar lainnya.

“Kemudian kepada satuan Pendidikan, kita harapkan dapat mendukung dengan standar lainnya seperti standar pendidik, tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pendanaan dan standara sarana prasarana yang memadai. Karena standar penilaian dapat terpenuhi apabila didukung oleh standar lainnya itu,” imbuhnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00