• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

6.600 Sertifikat Tanah Warga Transmigran Siap distribusikan ke Kaltara

17 February
20:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tarakan : Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, mendapatkan 6.600 sertifikat tanah untuk warga transmigrasi yang siap dibagikan pemerintah pusat, yang masuk dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang didanai oleh pemerintah pusat, melalui APBN.

Gubernur Kalimantan Utara (kaltara) Irianto Lambrie, menuturkan, sesuai informasi yang disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI, Muhammad Ikhsan Saleh, BPN telah menyiapkan puluhan ribu sertifikat untuk diberikan kepada masyarakat di Kalimantan.

Program sertifikasi lahan, baik lahan transmigrasi maupun lahan tambak akan dilakukan secara bertahap, yang rencananya untuk tahap pertama, akan dibagikan pada Maret mendatang.

“Nanti penyerahannya dilakukan di Kaltara, Insya Allah, rencananya Pak Presiden yang menyerahkan, namun kalau tidak bisa, Pak Menko Ekonomi nanti yang akan datang ke Kaltara, bersama Pak Menteri ATR/BPN, )sertifikat yang akan diterbitkan 60 ribu sertifikat untuk warga di Kalimantan Barat (Kalbar) dan 6 ribu 600 sertifikat di Kaltara,”Tutur Irianto Minggu (17/2/2019).

Dalam pelaksanaannya, sertifikasi lahan ini oleh Pemprov Kaltara sebagai koordinator sekaligus Pembina di daerah yang diberikan tugas oleh pusat, tidak hanya menyerahkan begitu saja kepada daerah. Pemprov Kaltara melalui Disnakertrans ikut dalam melakukan Inventarisasi Kepemilikan Lahan (IKL) pada lahan warga tersebut, sebelum diusulkan untuk didaftarkan.

“Pemprov juga telah melakukan sosialisasi dengan mengumpulkan warga transmigrasi yang sesuai dengan prosedural dalam pembuatan sertifikat,” Jelas Gubernur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00