• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

Gubernur Kaltara : Media Dituntut Mencari Kebenaran Dan Menyebarkan Optimisme

9 February
17:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Media memiliki peranan penting termasuk di Kalimantan Utara (Kaltara) Utamanya, implikasi media dalam pemberian informasi pasca kebenaran dan pasca fakta.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kaltara H. Irianto Lambrie, usai menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional 2019 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Gubernur apa yang disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dalam Acara HPN 2019, era digital yang terjadi saat ini, dengan diiringi perkembangan massif media sosial, harus menjadikan insan media arus utama menjadi rumah penjernih informasi, dan berperan sebagai communication of home.

“Untuk itu, saya menilai bahwa media arus utama ditantang, serta dituntut untuk mencari kebenaran dan menyebarkan optimisme. Masyarakat harus mendapatkan informasi yang jelas dari media arus utama, serta mampu mengajak masyarakat untuk berjuang bersama membangun daerah dan bangsa,”Ungkap Gubernur Sabtu (9/2/2019)

Ditambahkan Irianto sesuai dengan tema "Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital", media arus utama ditantang, serta dituntut untuk mencari kebenaran dan menyebarkan optimisme.

“Masyarakat harus mendapatkan informasi yang jelas dari media arus utama, serta mampu mengajak masyarakat untuk berjuang bersama membangun daerah dan bangsa,” Jelas Irianto.

Di momen ini, Irianto mengajak seluruh insan pers untuk terus memperteguh jatidiri sebagai penyedia informasi yang benar bagi masyarakat, serta berperan sebagai kontrol sosial dan pemberi kritik yang konstruktif. Sementara pemerintah akan terus berupaya menjamin kebebasan pers terutama, bagi pers yang beretika, bertatakrama dan memenuhi UU Pers dan Penyiaran.

“Selamat Hari Pers Nasional, semoga ke depan pers terus berkontribusi membangun bangsa. Begitu pula yang di daerah,” Tegas Gubernur.

Dalam kesempatan itu, pada Jumat (8/2/2019) malam Gubernur Kalimantan Utara mendapatkan Penghargaan Sebagai Gubernur Peduli Olahraga dalam Golden Award SIWO 2019 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00