• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

Plt PWI Tarakan : Berita Hoax Tantangan Wartawan Masa Kini

9 February
11:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tarakan : Penyebaran Berita Hoax melalui media Sosial menjadi tantangan bagi insan pers di Indonesia termasuk Pers di Kota Tarakan Kalimantan Utara.

Pernyataan tersebut diungkapkan Saidah Pelaksana Tugas (PLT) Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tarakan, memaknai Hari Pers Nasional 9 Februari 2019 yang puncaknya berlangsung di Surabaya.

Dijelaskan, Pers selain mencari dan mebuat berita untuk media masing – masing baik cetak, Elektronik dan online, pers harus meyakinkan hanya media yang resmi perlu dipercaya masyarakat, dengan mengkampanyekan melawan hoax yang saat ini terus mempengaruhi masyarakat.

“Wartawan harus memberikan kepercayaan kepada narasumber ketika menulis berita akan diterbitkan atau disiarkan dimedia mana,” Tutur saidah kepada RRI Sabtu (9/2/2019).

Melalui Momen HPN tahun 2019, Sebagai Insan pers meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan berita yang medianya tidak kredibel dalam menerbitkan berita, karena tidak menutup kemungkinan berita yang disebarkan dari berbagai media sosial tersebut menyesatkan.

Selain itu di internal Pers Sendiri, ada instruksi dewan Pers untuk melakukan sertifikasi kepada seluruh wartawan” ini agar masyarakat dan narasumber dapat membedakan wartawan yang memang pers atau wartawan bukan pers,”Jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00