• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

Tim Seleksi KPU Kaltara, Buka Pendaftaran Tahap Kedua Kenapa ?

29 January
22:53 2019
2 Votes (4)

KBRN, Tarakan : Tim Seleksi (Timsel) Calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara, Kembali membuka pendaftaran, setelah sebelumnya hanya meloloskan Lima Orang ke tahap akhir, karena tidak menenuhi aturan yang berlaku.

Yahya Zein, Ketua Timsel kepada RRI menjelaskan, sesuai ketentuan Undang Undang Pemilu No. 7 tahun 2017, di pasal 29 ayat 1 menyebutkan, Timsel mengajukan nama calon komisioner Anggota KPU Provinsi sebanyak dua kali jumlah anggota KPU Provinsi yang berakhir masa jabatannya.

“Mengacu UU tersebut, seharusnya ada 10 nama yang harusnya diusulkan kepada KPU RI, Dalam seleksi pertama pendaftarnya hanya ada 18 orang pendaftar, setelah melalui proses, hanya menyisakan lima orang setelah melalui sejumlah tahapan seleksi, sehingga belum memenuhi ketentuan”.Jelas Yahya Selasa (29/1/2019).

Dijelaskan Yahya, Pendaftaran sesuai jadwal dibuka 30 Januari hingga 5 Februari 2019, sedangkan pengumuman sudah disebar sejak 27 Januari 2019, dengan persyaratan harus dipenuhi, sama dengan seleksi di tahap pertama, di antaranya berusia minimal 35 tahun, berpendidikan minimal strata 1 juga harus sudah mengundurkan diri dari partai politik paling singkat lima tahun serta persyaratan lainnya.

“Dari hasil seleksi nantinya kita akan menetapkan 5 nama lagi, untuk kembali diusulkan kepada KPU RI, melengkapi 5 nama yang sudah diserahkan hasil seleksi pertam, nantinya siapa yang akan ditetapkan kewengannya ada di tangan KPU RI.” Ungkap Dekan Fakultas Hukum UB Tarakan ini.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00