• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

Pekan ke Dua Tahun 2019, Unit Reskrim Ringkus Tujuh Pelaku Kriminal

14 January
20:59 2019
1 Votes (4)

KBRN, Tarakan : Satreskrim Polres Tarakan, dan unit Reskrim Polsek Tarakan Barat sepanjang tahun 2019 ini berhasil mengamankan tujuh orang tersangka yang terlibat Pencurian, Penganiayaan, dan pengancaman.

Kapolres Tarakan AKBP Yudhistira Midyahwan melalui Kasat Reskrim AKP Choirul Jusuf mengungkapkan, tersangka yang diamankan ini, merupakan residivis, salah satu diantaranya bahkan dihadiahi timah panas, karena berusaha melakukan perlawanan.

“ Yang Pertama kita amankan yakni tersangka RH alias Ian mengambil dua unit laptop. RH memanfaatkan korban yang lalai menyimpan laptop dan HP dimotor, yang ditinggalkan sebentar pemiliknya pergi fotokopi di Kelurahan Kampung Enam,”Ungkapnya dalam Press Release, Senin (14/1/2019).

Lebih lanjut Choirul mengatakan, penangkapan berikutnya dilakukan terhadap PR alias Peri bersama seorang temannya bergantian mengelabui suami istri pemilik kios dengan berpura-pura membeli buah. Kemudian mengambil dua unit genset dibawa bergantian menggunakan sepeda motor.

“Saat kami amankan, 9 Januari lalu, genset masih ada di tempat persembunyian mereka dan belum sempat dijual tersangka. Rencananya akan dijual Rp.3,5 juta per genset ke penadah,”jelasnya.

Lanjut Choirul, Sementara Modus berbeda dilakukan pelaku kriminal lain, SP alias Tile yang sengaja menunggu pemilik rumah keluar, kemudian mengambil barang berharga yang ada didalam rumah 29 Desember lalu. Dua unit HP sempat dibawa kabur, namun berhasil diamankan Unit Jatanras.

“Kemudian Kami juga mengamankan pelaku penganiayaan dan sempat melukai korbannya. Tersangka berinsial YD alias snack di Jalan Gunung Daeng, Kelurahan Selumit. Pelaku ini sedang mabuk dan meminta uang kepada orang yang lewat, tetapi tidak diberikan. Pelaku langsung menimpas korban dan terluka dibagian tangan kanan. Waktu kami hendak amankan pelaku malah melawan, makanya kami berikan hadiah timah panas,”ujarnya, kepada KBRN (rri.co.id).

Choirul juga membeberkan, Senin (14/1/2019) dini hari satu lagi pelaku pengancaman diamankan di Jalan Hasanudin RT.26, Kelurahan Karang Anyar. Pelaku berinisial IM dan diamankan beserta barang bukti pisau dapur. IM dinilai selama ini sangat temperamental, meski tidak mengalami gangguan jiwa, kerap mengancam akan membunuh tetangganya, sejak tahun 2017 lalu.

Choirl juga menyebutkan, selain Satreskrim, Unit Reskrim Tarakan Barat juga mengamankan dua pelaku pencuri sepeda berinisial MF dan AD, warga Kelurahan Karang Anyar. Sepeda yang dikunci dan disimpan didalam pagar, oleh kedua tersangka dicuri dengan cara merusak kunci pada 11 Januari.

“Pelaku sempat memposting di media sosial dengan harga Rp.1,5 juta. Dilihat korban, terus dilaporkan ke polisi, akhirnya pelaku kami pancing untuk bertemu di sekitar Gang Nipah, Jalan Mulawarman. Untuk RH, PR dan Tile dikenakan pasal 363 ayat (1) KUHP dengan ancaman minimal 5 tahun penjara, sementara Kalau YD sudah jelas kami kenakan pasal 351 ayat (1) KUHP dengan ancaman pidana penjara selama-lamanya 4 tahun, Untuk IM ini terbukti melanggar undang undang darurat karena membawa senjata tajam (sajam),”tuntasnya. (CRZ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00