• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

Ciptakan Penegakan Hukum, Lapas Tarakan Jadwalkan Pertemuan Setiap Bulan

5 August
13:10 2018
1 Votes (5)

KBRN, Tarakan : Demi tercipta penegakan hukum di Tarakan dan Kalimantan Utara (Kaltara) umumnya, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tarakan, bersama dengan Kadivpas Kaltim,  Marselina Budiningsih, mengelar pertemuan dengan Pengadilan Negeri (PN), Kejaksaan Negeri (Kejari), Polres Tarakan, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Utara, serta beberapa instansi terkait lainnya. 

Kepala Lapas Kelas II A Tarakan, R.B.Danang Yudiawan mengatakan, dalam pertemuan tersebut juga mengangkat persoalan tahanan yang berada di Lapas Tarakan.

"Seperti soal ruang tahanan diharapkan dapat menampung dan mengamankan tahanan yang resisten atau terancam jiwanya terhadap tahanan lain yang di tempatkan di Lapas," Kata Danang, Minggu (5/8/2018).

Dibeberkan Danang, dalam kurun  waktu  Januari sampai Agustus 2018, tahanan yang ada di Lapas Tarakan berasal satu Polres, Kejari, TNI, Bea dan Cukai, serta BNNP Kaltara. 

"Jadi jumlah tahanan yang ada di Lapas saat ini sebanyak 506 orang," ungkapnya. 

Selain  itu, seperti yang di jelaskan Danang, ada 11 Tahanan tidak di tempatkan di lapas karena persoalan keamanan jiwa tahanan yang bersangkutan. 

"Ketika berada dilepas di khawatirkan jiwanya terancam oleh warga binaan lainnya, seperti korban masih ada hubungan keluarga dengan salah satu warga binaan, masih ada hubungan dengan pelaku narkoba yang sudah duluan berada di lapas, hingga adanya dendam dari warga binaan lain terhadap tahanan bersangkutan," urai Danang. 

Melalui agenda pertemuan antar instansi penegak hukum yang direncanakan dilakukan setiap bulan, Danang berharap segala persoalan penegakan hukum yang terjadi dan berhubungan dengan Lapas bisa diselesaikan secara bersama. (jf) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00