• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Damkar Toapaya Perkuat Fisik Persiapan Padamkan Api

19 February
13:38 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bintan : Latihan peningkatan fisik dan pengecekan armada pemadam kebakaran serta apel pagi, menjadi rutinitas yang dilakukan Unit Pelaksana Pemadam Kebakaran Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

" Latihan fisik ini sangat penting bagi anggota Damkar. Sekaligus untuk mengukur kekuatan personil Damkar sejauhmana kesiapannya apabila terjadi kebakaran," jelas Kepala UPTD Damkar Toapaya, Nurwendi, Rabu (19/2/2020).

Dikatakan, kegiatan pelatihan fisik ini juga terkadang dilaksanakan minimal satu kali dalam sebulan. Disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Karena, disaat waktu cuaca panas, kerap terjadi kebakaran di wilayah Kecamatan Gunung Kijang, Toapaya dan Teluk Bintan.

Disamping itu, untuk mengetahui kondisi fisik armada damkar, juga dilakukan pengecekan kendaraan. Agar di saat terjadi kebakaran, armada damkar siap beroperasi dan tidak menghambat untuk memadamkan api.

" Pengecekan fisik kendaraan juga kami lakukan. Apalagi, jarak tempuh dari UPTD Damkar Toapaya ke lokasi kebakaran terkadang cukup jauh. Dan medannya juga berbeda-beda, ada jalan tanah bergelombang dan ada yang hanya dipinggir jalan raya," tuturnya.

Rutinitas damkar Toapaya setiap hari sebelum melakukan aktifitas, melaksanakan apel pagi, karena 'tiada hari tanpa apel'. Ini dilakukan untuk meningkatkan silaturahim sekaligus evaluasi sebelum mulai kerja.

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00