• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri Gowes Patroli Bersama Masyarakat

20 January
14:30 2020
0 Votes (0)

KBRN, Tanjungpinang; Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempererat silaturahmi, menguatkan jalinan sinergitas dan harmonisasi antar sesama. Salah satunya dengan bersepeda bersama atau yang akrab disebut Gowes seperti yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama TNI Polri / Polres Tanjungpinang dan masyarakat, Senin pagi (20/1/2020).

Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si memulai pelaksanaan Gowes ini dengan mengangkat bendera Start bersama dengan unsur pimpinan TNI yang mana Gowes sinergitas ini mengambil rute yang dimulai dari Mapolres Tanjungpinang menuju Jl. H.M. Sani (jembatan Dompak) yang selanjutnya mengelilingi kawasan Dompak dan kembali ke Mapolres Tanjungpinang dengan jarak tempuh kurang lebih 20 km.

Pada pelaksanaan Gowes ini, Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa,  Kegiatan Gowes ini merupakan inisiasi dari Polda Kepri dan diimplementasikan ke jajaran termasuk Polres Tanjungpinang dengan merangkul Stake Holder, baik TNI, Pemerintah Daerah dan juga masyarakat wujud harmonisasi seluruh elemen yang ada di Kota Tanjungpinang.

“Melalui pelaksanaan Gowes ini, harapan kita bersama agar Kota Tanjungpinang, Prov. Kepri dapat menjadi wilayah yang sehat. Karena Gowes merupakan olah raga yang sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh,” Kata AKBP Muhammad Iqbal

Dijelaskan Iqbal, Rutinitas pelaksanaan gowes yang di lakukan, yang mana jika diikuti oleh sebagian besar masyarakat dan jika gowes atau bersepeda ini dapat dilakukan secara terus menerus sampai mengurangi atau bahkan dapat menggantikan penggunaan kendaraan bermotor dalam aktivitas sehari-hari, niscaya akan berdampak besar bagi meningkatnya kualitas udara segar.

“Karena berkurangnya kadar Karbon Monoksida akibat asap yang dikeluarkan dari knalpot kendaraan bermotor,” jelasnya

Selain itu, Gowes juga merupakan olah raga yang dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan jiwa karena sembari kita melaksanakan gowes, kita juga dapat menikmati keindahan alam dan lingkungan di sekeliling kita selama dalam perjalanan.

“Secara tidak langsung akan membangkitkan semangat kita untuk melestarikan lingkungan, menghijaukan alam dengan tumbuh-tumbuhan demi kelestarian lingkungan,”tuturnya

Yang tak kalah pentingnya bagi Polri dalam hal ini Polres Tanjungpinang, Polda Kepri adalah Gowes yang dilaksanakan kali ini merupakan suatu bentuk pelaksanaan patroli kamtibmas. Iqqbal menambahkan, Yang mana sembari mengayuh sepeda, para Personel juga dapat mengamati lingkungan sekitar yang dilaluinya.

“Mengetahui karakteristik, memantau situasi dan kondisi lingkungan tersebut, juga sambil bertegur sapa dengan masyarakat yang ditemui selama perjalanan pelaksanaan gowes,”tambahnya

Dengan menempuh jarak kurang lebih 20 km bertepatan dengan tanggal 20 pelaksanaan kegiatan gowes kali ini, di bulan Januari yang mengawali tahun 2020. Mari kita ciptakan suasana yang sehat untuk mewujudkan Kamtibmas Kota Tanjungpinang, Kepri di tahun 2020 menjadi lebih baik, aman, damai dan kondusif dalam mendukung pembangunan Nasional.(RB)

 

 

  • Tentang Penulis

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

  • Tentang Editor

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00