• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jelang Penutupan, 82 Orang Daftar Anggota Panwascam Bawaslu Lingga

2 December
16:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tanjungpinang: H-1 menjelang penutupan pendaftaran Pengawas Kecamatan (Panwascam), Bawaslu Kabupaten Lingga kebanjiran pendaftar calon angggota Panwascam. Sampai berita ini dimuat. Setidaknya sudah ada 82 orang yang berasal dari 13 Kecamatan di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau.

“Hingga hari ini sudah mencapai 82 pendaftar, kemungkinan masih akan terus bertambah, Karena masih ada satu hari lagi,” Kata Ketua Bawaslu Lingga Zamroni, SH, MH, Senin (2/12/2019)

Zamroni kepada RRI menerangkan, Rata-rata yang mendaftar petahana panwascam Pilpers 2019 ikut ambil bagian bersaing dengan para pendatang baru. Dari 82 orang pendaftar itu laki-laki sebanyak  73 orang dan wainta 9 orang.

“rata-rata pendaftar petahana panwascam pilpres kemarin dan Pendaftaran akan ditutup pada 3 Desember 2019 pukul 22.00 WIB,”Terangnya

Dijelaskan Zamroni,  ada beberapa tahapan seleksi Panwascam Pilkada 2020. Tahapan ini dimulai dari Sosialisasi, pengumuman, pendaftaran dan penerimaan berkas, pengumuman hasil administrasi, tes tertulis model seleksi Computer Assisted  Tes (CAT), tes wawancara, hingga tahapan akhir pelantikan Panwascam.

“untuk tahun ini calon panwascam  akan dilakukan tes model seleksi CAT dengan tujuan seleksi ini dapat menjaga integritas bawaslu dalam melakukan seleksi,” Jelasnya

Untuk tes tertulis akan dilaksanakan, pada tanggal 13 -17 Desember 2019 dan ditanggal yang sama juga dilakukan tes wawancara. Kemudian pengumuman calon terpilih pada tanggal 18 Desember 2019 dan pelantikan pada tanggal 22 Desember 2019.

Lebih lanjut Zamroni menambahkan, Bahwa metode ini sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwascam yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi. Selain itu juga mengingat geografis Kabupaten Lingga yang dipisahkan oleh lautan, Zamroni mengatakan sesuai pengamalan pada pilpres 2019 kemarin pihaknya sudah memetakan kondisi geografis yang sulit terjangkau akan ditingkatkan pengawasan Pilkada.

“sesuai pengalaman kita beberapa waktu lalu kita sudah memetakan beberapa kondisi wilayah agar pengawasan lebih berjalan dengan baik,” Lanjutnya

Zamroni juga mengatakan, panwascam merupakan bagian terpenting dari proses pelaksanaan pilkada, sebab pangawasan pemilu memiliki peran strategis dan sangat menentukan terhadap suksesnya penyelenggaraan pemilukada.  Dirinya  berharap kepada anggota Panwascam dalam melaksanakan tugasnya dapat menjungjung tinggi nilai-nilai integritas, berkualitas hasilnya dan integritas penyelenggaraannya.

 Beratnya tantangan yang dihadapi, kita berharap  panwascam yang solid, profesional dan netral.Tetap semangat dalam tugas pokoknya  terkait dengan pelaksanaan pilkada,”pungkasnya.(RB)

  • Tentang Penulis

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

  • Tentang Editor

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00