• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BP Jamsostek Aceh Tengah Sasar Anggota Koperasi Jadi Peserta

27 February
17:59 2020
0 Votes (0)

KBRN, Redelong : BP Jamsostek Aceh Tengah secara simbolis menyerahkan kartu kepesertaan kepada anggota koperasi Produsen Bersama Maju Sejahtera kabupaten Bener Meriah, Kamis (27/2/2020) di Gedung Delta Mandiri, kecamatan Bandar.

Kepala BP Jamsostek Aceh Tengah Fadli Maulana mengatakan koperasi yang bergerak dibidang perdagangan kopi tersebut memiliki lebih dari 2000 anggota yang merupakan petani kopi. Dari jumlah tersebut 273 diantaranya telah terdaftar sebagai peserta  BP Jamsostek, sedangkan selebihnya juga akan didaftarakan sebagai peserta.

“Nanti seluruh anggota koperasi tersebut akan didaftarkan sebagai peserta BP Jamsostek, karena itu juga permintaan dari Buyer yang bekerjasama dengan mereka dan mengnginkan semua anggoat dapat dilindungi oleh kamainan sosial tersebut.”ujarnya

Dijelaskan, kepesertaan anggota koperasi kopi pada BP Jamsostek tersebut merupakan yang pertama di kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Oleh karena itu diharapkan program tersebut diikuti oleh koperasi- koperasi lainnya yang ada di dua kabupaten bertetangga tersebut.

Fadli menambahkan anggota koperasi masuk dalam kategori pekerja bukan penerima upah. sebagai peserta mereka akan mendapatkan tiga program dari BP Jamsostek yaitu  Jaminan Kecelakan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

“Untuk tiga program itu iuran perbulannya sebesar Rp 36.800 atau kalau dirata-ratakan itu sekitar Rp 1.500 perhari”jelasnya

Menurutnya petani merupakan salah satu profesi yang rentan terhadap kecelakaan kerja seperti terkena alat-alat pertanian, keracunan, digigit ular dan lain sebagainya. Sehingga  jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tersebut para petani telah mendapat perlindungan.

Begitupun saat petani tidak dapat bekerja akibat kecelakaan kerja yang dialami pihaknya akan memberikan semacam pengganti atau upah setiap bulannya selama mereka tidak bekerja.

“Terus juga misalkan mereka meninggal dunia akibat kecelakaan kerja juga akan mendapat santunan. Kemudian dengan Peraturan Pemerintah yang baru No 82 tahun 2019 ini  jika peserta meninggal dunia  maka dua orang anaknya akan ditanggung atau diberikan beasiswa mulai dari TK sampai perguruan tinggi.” terangnya

Sedangkan untuk tabungan kata Fadli dapat diambil saat petani mengalami gagal panen dan ketika mereka sudah tidak lagi menjadi anggota koperasi.

Penyerahan Kartu Kepesertaan BP Jamsostek tersebut kepada anggota koperasi Produsen Bersama Maju Sejahtera turut dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bener Meriah, Perwakilan perusahaan eksportir kopi serta perwakilan petani anggota koperasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00