• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Sensus Penduduk Bukan Hanya Untuk Mengetahui Jumlah Penduduk

25 February
17:20 2020

KBRN,Takengon : Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Tengah menggelar Rapat koordinasi Kabupaten (Rakorkab) dalam menyukseskan sensus penduduk tahun 2020 di Gedung Oproom Setdakab setempat, Selasa (25/2/2020).

Kepala BPS Aceh Tengah Bahruddin mengatakan, pihaknya mengundang puluhan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) dan instansi vertikal agar dapat melaksanakan sensus tersebut di lingkungan kerja masing-masing.

Dijelaskan, sensus penduduk penting untuk dilakukan, bukan hanya untuk mengetahui jumlah pasti penduduk pada suatu daerah namun juga sangat diperlukan dalam menyusun kebijakan atau perencanaan di berbagai bidang.

“Karena data penduduk ini sangat penting, karena dari data penduduk inilah, segala bentuk perencanaan, yang dilakukan oleh pemerintah maupun pihak swasta, akan bisa tepat sasaran,” katanya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Aceh Tengah Mursyid berharap agar pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 oleh BPS dapat berjalan dengan baik lewat dukungan semua pihak terutama masyarakat.

“Bukan hanya Indonesia, tahun ini ada 54 negara yang melakukan sensus penduduk, sehingga Sensus Penduduk 2020, merupakan bentuk pengabdian kita, untuk menghasilkan data kependudukan, yang valid dan akurat,” sebutnya.

Seperti diketahui Sensus penduduk tahun 2020 ini akan berlangsung dalam dua tahapan, yakni yang pertama secara daring atau online yang telah berlangsung 15 Februari-31 Maret 2020 melalui lama sensus.bps.go.id.

Sedangkan pada tahapan kedua, akan dilakukan setelah masa pendaftaran secara online berakhir, dengan melakukan wawancara ke setiap rumah masyarakat  atau door to door pada bulan Juli 2020 mendatang.(FJ)

00:00:00 / 00:00:00