• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Camat Samar Kilang Lapor Keberadaan Harimau ke BKSDA

23 February
08:05 2020
1 Votes (1)

KBRN, Takengon : Camat Syiah Utama, Samar Kilang, Bener Meriah, Aceh, Khalisuddin mengaku telah melapor keberadaan harimau ke Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA). Ia mengaku keberadaan harimau di Samar Kilang semakin menguat setelah banyak masyarakat yang melihat. Disebut-sebut, keberadaannya melebihi dari satu ekor. Pihak kecamatan kata Khalisuddin, juga berencana menyiapkan Drone untuk memantau keberadaan harimau itu.

“Istri reje juga melihat lansung harimau itu,” kata Khalisuddin.

Kepala Resort Konservasi Wilayah Enam Takengon, Saidi mengaku telah menerima laporan itu dari Camat samar Kilang. Petugas katanya, pada Senin (24/2) besok berencana terjun ke lokasi guna memantau situasi sekaligus memberikan petasan kepada masyarakat. Dengan menyalakan petasan kata Saidi, dinyakini harimau itu akan menjauh dari pemukiman. Ia Juga menghibau agar warga menyalakan api disekitar rumahnya saat malam hari agar harimau itu tidak mendekat. Kepada masayrakat disana juga dihimbau untuk tidak menginap di rumah kebun sementara waktu guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Jika upaya itu tidak membuahkan hasil kata Saidi, langkah berikutnya petugas akan menurunkan pawang untuk menggiring harimau ke habitatnya. Dikatakan, dalam beberapa kasus seperti di Meulaboh, uapaya itu membuahkan hasil.


Warga Samar Kilang sebelumnya dihebohkna dengan kemunculan harimau didaerah itu. Sejumlah warga mengaku khawatir terhadap kehadiran harimau tersebut.

sumber foto : Ilustrasi harimau sumatera. (Shutterstock/suara.com)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00