• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Kepala Desa Diberi Penyuluhan Hukum

21 February
15:39 2020
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Sedikitnya 40 Kepala Desa (Reje) di Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah mendapat penyuluhan hokum dari 2020 Kanwil Kemenkumham Aceh beserta Organisasi Bantuan Hukum yang berada di Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Ketua Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (POS PAHAM) Ni'mah Kurniasari, SH menyampaikan bahwa pentingnya para reje mendapatkan pengetahuan tentang dasar-dasar hukum baik pidana maupun perdata, terutama memperhatikan masalah hukum krusial di Bener Meriah yaitu masalah Narkotika yang mencapai 70% dari perkara yg masuk ke pengadilan, perkara perlindungan anak yaitu pelecehan seksual pada anak yang juga setiap tahun semakin meningkat.

Ni'mah juga menghimbau agar penggunaan dana desa bukan hanya di gunakan untuk pembangunan fisik namun juga ada pemberdayaan SDM di tingkat desa. 

“Pos PAHAM Aceh Tengah dan BM sebagai salah satu OBH yg terakreditasi dari Kemenkumham yang berdomisili kantor di Bener Meriah bersedia untuk membantu masyarakat Bener Meriah yang kurang mampu dan sedang berhadapan dengan hukum untuk mendapatkan bantuan hukum secara cuma-cuma dengan hanya menyertakan foto copy KTP dan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Reje kampong,” ujar Ketua Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (POS PAHAM) Ni'mah Kurniasari, SH, Jumat, (21/2/2020).

Sementara penyampaian materi Kanwil Kemenkumham Aceh papr Ni’mah tentang pentingnya di bentuk keluarga sadar hukum, yang kemudian akan terbentuk masyarakat sadar hukum.

“Di tingkat nasional akan diselenggarakan juga lomba desa sadar hukum, kemudian Kanwil Kemenkumham Aceh berharap Reje-reje di Bener meriah dapat memacu desa mereka untuk menjadi desa sadar hukum dan kemudian dapat mengikuti lomba desa sadar hukum nasional,” demikian Ketua Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (POS PAHAM) Ni'mah Kurniasari, SH

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00