• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Peringati HPSN, Aktivis dan "Pasukan Orange" di Takenogn Kutip Sampah

21 February
15:06 2020
0 Votes (0)

KBRN, Takegnon : Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), relawan di Aceh Tengah bersihkan sampah di sepanjang jalan Lembaga dan pasar Paya Ilang kota Takengon. Bakti sosial itu dilepas Bupati Aceh Tengah Shabela di halaman kantor Setdakab setempat, Jumat (21/2/2020).

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam sambutannya mengapresiasi para relawan yang berinisiatif melakukan bakti sosial dalam bentuk pembersihan sampah. Ia tak menampik, sampah selama ini menajdi persoalan serius di Aceh Tengah. Terlebih pasca protes yang dilancarkan masyarakat di lingkungan tempat penampungan sementara. Kondisi ini kata Shabela, semakin diperburuk dengan jadwal pengangkungan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dibatasi.

“Kita harus sabar memang dalam menghadapi persoalan ini,” kata Shabela

Untuk itu berharap kepada petugas kebersihan tetap semangat dalam mengabdi memebrsihkan kota Takengon kendati banyak mendapat kritikan.

Shabela juga berharap agar para relawan dan aktivis lingkungan yang ada di Aceh Tengah untuk terus memberikan pemahaman kepada publik agar menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Dikatakan, pemerintah daerah juga telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan pengelolaan sampah untuk beroperasi di Takengon. Dengan beroperasinya perusahaan itu dinyakini mampu menekan volume sampah sekaligus menjadikan sampah sebagai bahan yang memiliki nilai tawar.

Relawan perduli sampah yang melakukan bakti sosial di HPSN teridiri dari kalangan aktivis, pramuka, TNI dan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Tengah. Bakti sosial itu dimulai selama satu jam dan berakhir dengan makan bersama di Danau Laut Tawar.

H-1 HPSN pada Kamis kemarin, para reawan itu juga telah mengkampanyekan peduli lingkungan di sejumlah titik di kota Takengon.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00