• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Komunitas Lingkungan Hidup Minta Pemerintah Serius Atasi Konflik Gajah dan Manusia di Bener Meriah

20 February
20:36 2020
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Komunitas Lingkungan Hidup (KLH) mengadakan diskusi terkait permasalahan gajah dan manusia di Kabupaten Bener Meriah yang tidak kunjung henti berkonflik.

Diskusi kali ini dilakukan KLH bersama pihak Conservation Respons Unit (CRU) Peusangan.

Perwakilan Komunitas Lingkungan Hidup Gayo (KLH) Zakiy kepada RRI menyampaikan bahwa konflik gajah dan masyarakat adalah masalah yang selalu di ulas terus menerus tanpa henti, akan tetapi potensi mengurangi konflik semakin sulit, hal itu dikarenakan habitat gajah di ambang kerusakan yang besar.

Pemerintah diminta tidak bermain-main dalam menyelesaikan konflik tersebut yang tercatat dari tahun 2011 sampai dengan Desember 2019, terus terjadi sampai menelan korban jiwa dan kerugian material. 

“Kami dari KLH, permasalahan gajah jangan dipermainkan. Istilahnya ini menjadi masalah utama. Karena tiap bulan masyarakat digegerkan, gajah masuk ke kebun dan membuat takut. Tahun 2019 bahkan ada rumah warga yang dihancurkan,” ujar Perwakilan Komunitas Lingkungan Hidup Gayo (KLH) Zakiy, Kamis (20/2/2020).

Tambah Perwakilan Komunitas Lingkungan Hidup Gayo (KLH) Zakiy, bahwa kawasan konservasi jalur gajah bukan saja meliputi Kabupaten Bener Meriah, akan tetapi juga Kabupaten Aceh Tengah dan Bireun.

 Maka, tindakalan selanjutnya adalah Pemerintah yang daerahnya masuk dalam kawasan konservasi jalur gajah untuk bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan gajah.

“Khusus Pemerintah Aceh Tengah dan Bener Meriah seharusnya bekerja sama dengan serius dalam menyelesaikan permasalahan gajah yang semakin urgent ini. Dari data yang dikumpulkan KLH Gayo jumlah gajah liar yang tersebar yaitu 70 ekor di kawasan konservasi yang di backup oleh CRU das Peusangan,” ungkapnya lagi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00