• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Keber Serloni

Susi Pudjiastuti ‘Tenggelam’ Dalam Tarian Masyarakat Gayo Saat Berkunjung ke Takengon

18 February
15:16 2020

KBRN, Takengon: Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti berlibur ke Takengon Aceh Tengah selama dua hari.

Hari pertama mantan pembantu Presiden RI Joko Widodo itu menghabiskan waktu untuk menikmati kopi Gayo, menikmati panorama alam Gayo dan berwisata di kawasan Danau Luttawar.

Hari kedua, Susi hadir ke Kantor Bupati Aceh Tengah menjadi tamu kehormatan menyaksikan karnaval budaya yang memang digelar Pemerintah Aceh Tengah, dalam hal ini Dinas Pendidikan untuk memeriahkan HUT ke 443 kota Takengon.

Setibanya di halaman Setdakab, Menteri yang terkenal dengan kata-kata ‘tenggelamkan’ itu langsung menuju ruang Bupati.

Tak lama kemudian keluar bersama Bupati Shabela Abubakar, dengan mengenakan opoh ulen sejenis selendang dari masyarakat Gayo dan berdiri tepat di depan halaman pintu masuk kantor Bupati untuk selanjutnya menyaksikan tari Guel, tari khas masyarakat suku Gayo.

Susi yang tampak mengenakan setelan baju berwarna biru dibalut selendang merah dengan bawahan hitam itu tampak menikmati tarian Guel yang dimainkan dua pemuda Gayo.

Jelang akhir tarian, kedua pemuda mengajak Mantan Menteri KKP untuk menari. Susi pun menyambutnya dengan ikut menari.

Usai menari, Susi pun diminta untuk melepas ribuan peserta karnaval budaya Gayo dalam rangka memeriahkan HUT ke 443 Kota Takengon, di lapangan Setdakab, Aceh Tengah.

Sebelum pelepasan, sempat berpesan kepada generasi muda untuk terus mempertahankan budaya.

“Gembira melihat budaya Indonesia yang tinggi, terus dipertahankan, karena ini bisa menjadi atraksi turis yang luar biasa,” demikian Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti

00:00:00 / 00:00:00