• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pertama Kali, Sidang HUT Kota Takengon Gunakan Bahasa Gayo

17 February
10:46 2020
0 Votes (0)

KBRN, Takengon: Sidang Paripurna istimewa peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Takengon ke-443 berlangsung, Senin (17/2/2020) diruang sidang DPRK Aceh Tengah.

Seperti tahun sebelumnya, dalam kegiatan ini seluruh peserta maupun tamu undangan yang hadir diwajibkan mengenakan pakaian bermotif Kerawang Gayo yang merupakan warisan budaya masyarakat di wilayah tengah Propinsi Aceh itu.

Sekertaris DPRK Aceh Tengah Windi Darsa mengatakan untuk pertama kalinya seluruh rangkaian dalam sidang paripurna tersebut menggunakan bahasa Gayo.

"Ya semua rangkaian kegiatan dalam sidang ini menggunakan bahasa Gayo, mulai dari tata tertib, sambutan ketua Dewan dan juga sambutan Bupati juga menggunakan bahasa gayo," kata Windi Darsa

Dalam mempersiapkan kegiatan itu tambah Windi Darsa pihaknya juga bekerjasama dengan Majelis Adat Gayo (MAG) kabupaten setempat.

Sidang Paripurna Istimewa dengan menggunakan bahasa Gayo sendiri merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk terus melestarikan bahasa Gayo yang jumlah penuturnya terus berkurang.

Selain itu pemerintah kabupaten Aceh Tengah juga berencana menerbitkan Peraturan Bupati (Perbub) yang mewajibkan masyarakat satu hari berbahasa Gayo dalam satu Minggu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00