• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Puluhan Peserta Jalani Operasi Bibir Sumbing Gratis di HUT Kota Takengon

15 February
17:39 2020
0 Votes (0)

KBRN,Takengon : Sebanyak 22 peserta dari Aceh Tengah maupun kabupaten tetangga Bener Meriah menjalani operasi bibir sumbing gratis yang berlangsung di RSUD Datu Beru Takengon, Sabtu (15/2/2020).

Kegiatan dalam rangka HUT Kota Takengon ke-443 dengan tema “Aceh Tengah Tersenyum”, diselenggarakan pemerintah kabupaten setempat, bekerja sama dengan Lembaga Amal Smail Train Indonesia Perwakilan Aceh.

Koordinator Wilayah Smile Train Aceh Rahmad Maulizar mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerja sama dengan Pemerintah Aceh Tengah yang rutin menggelar kegiatan tersebut terutama dalam Tiga tahun terkahir.

Hal ini ungkapnya, selaras dengan tujuan lembaga yang dipimpinnya agar seluruh kabupaten kota di Aceh terbebas dari penderita bibir sumbing, kendati masih terus ditemukan termasuk pada sejumlah bayi yang baru lahir.

“Lewat operasi ini kita ingin anak-anak bisa tersenyum, tidak minder lagi, sudah punya percaya diri, kita sebenarnya ingin terbebas dari bibir sumbing ini, tapi ternyata tidak habis-habis, ini karena banyak ibu yang lalai saat mengandung,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Tengah Firdaus menyebutkan, jika operasi bibir sumbing direncanakan akan terus digelar setiap tahun untuk membantu masyarakat yang menderita kelainan celah bibir maupun langit-langit tersebut.

“Memang ini terus kita programkan, karena dananya juga selalu kita plotkan di APBK, memang jumlah penderita bibir sumbing di daerah kita ini tidak banyak, tapi selalu ada, sehingga membutuhkan bantuan untuk dioperasi,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Direktur RSUD Datu Beru Takengon Hardi Yanis menyebutkan, sebelumnya terdapat 24 peserta yang mendaftar, namun dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan hanya 22 yang dinilai memenuhi seluruh persyaratan.

Dijelaskan, operasi tersebut berlangsung pada Sepuluh ruangan yang telah disediakan pihaknya dengan ditangani oleh sejumlah dokter ahli spesialis bedah plastik yang berasal dari RSUD Zainal Abidin Banda Aceh.(FJ)

00:00:00 / 00:00:00