• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Perekrutan Tenaga Kontrak Dengan Perjanjian Kerja Dikliam Sesuai Aturan

13 February
15:03 2020

KBRN, Takengon : Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah, Jayusman klaim perekrutan tenaga kontrak dengan perjanjian kerja tahun ini telah sesuai prosedur.

Panitia juga telah mengumumkan pendaftaran disejumlah goup profesi terkait.

Pendaftar bahkan juga ada dari luar daerah seperti Bireun. Pernyataan itu disampai Jayusman menanggapi isu yang berkembang yang menuding panitia tidak trasparan dalam perekrutan.

“Ini sudah sesuai prosedur, pengumuman juga sudah kita sampaikan,” kata Jayusman saat mendatangi kantor RRI.

Ia juga menyebut, Juknis tidak mengharuskan panitia melakukan tes. Ini artinya kata Jayusman, pihaknya dapat menunjuk langsung secara sepihak. Pasalnya kata Jayusman, tenaga kontrak dengan perjanjian kerja, mereka yang memiliki keahlian sesuai kebutuhan. Ia juga mengaku tidak memiliki anggaran untuk pelaksanaan seleksi.

Begitupun, Jayusman tak menampik, dalam perekrutan tenaga kontrak dengan perjanjian kerja, pihaknya mengutamakan mereka yang sudah lama mengabdi, sesuai profesi dan memiliki keahlian sesuai kebutuhan.

“Ini bentuk keterbukaan kita, walau tes tidak diatur dalam juknis,” katanya.

Jayusman menyebut, tenaga kontrak dengan perjanjian kerja bertugas berdasarkan surat keputusan dari Dinas Kesehatan Aceh Tengah. Surat Keputusan itu katanya, berlaku selama setahun dan akan diberhentikan secara hormat untuk kemudian direkrut ulang. Sementara penempatan disetiap Puskesmas yang membutuhkan tenaga medis.

Dikatakan Jayusman, sesuai Permenkes 75/2014 mewajibkan beberapa tenaga teknis kesehatan yang harus tersedia di Puskesmas, diantaranya, ahli kesehatan lingkungan, analis kesehatan dan gizi.

00:00:00 / 00:00:00