• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Heboh Dua Unit Bus AKAP Angkut Warga Tionghoa ke Takengon

11 February
18:49 2020
9 Votes (3.8)

KBRN, Takengon: Dua unit bus mewah yang merupakan Bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) melaju dengan suara halusnya memasuki terminal Takengon pada Selasa 11 Februari 2020 pagi.

Bus tersebut dikabarkan mengangkut lebih dari 50 warga Tionghoa menuju ke Kabupaten Aceh Tengah, daerah yang berhawa sejuk dan terkenal dengan sejumlah objek wisata dan kopi arabika.

Belum diketahui secara pasti asal muasal puluhan warga Tionghoa tersebut. RRI mencoba mencari informasi.

Melalui Pengelola Bus AKAP di Takengon, Saleh menyampaikan bahwa warga Tionghoa berasal dari dalam negeri, yaitu Sumatera Utara dan Aceh.

“Orang dari Medan. Orang itu (asal) Medan semua, bukan dari luar (Luar Negeri). Tujuan kemari mau sembahyang. Tiap tahun begitu, orang dari Medan, Binjai, Stabat, Langsa,” ujar Saleh, yang armadanya digunakan untuk angkut puluhan warga Tionghoa tersebut, Selasa (11/2/2020).

Pengelola Bus AKAP di Takengon, Saleh mengarahkan RRI untuk melakukan konfirmasi kepada Affuang, Ketua Pengurus warga Tionghoa di Takengon.

Disela kesibukannya mengurus kedatangan tamu, Affuang menyempatkan diri untuk memberi penjelasan. Sebutnya warga Tionghoa tersebut berkunjung ke Takengon dalam rangka sembayang di dalam vihara yang ada di Takengon selama dua minggu lamanya.

“Sembayang di dalam Vihara enggak ada keluar-keluar. Itu kami tiap tahun ada acara, asal ada dari Medan, dari Aceh,” demikian Affuang.

Sembahyang di vihara Takengon, ungkap Affuang tidak kali ini saja, melainkan sudah berlangsung selama 30 tahun.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00