• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dinkes Aceh Tengah Kembali Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

11 February
12:24 2020

KBRN,Takengon : Dinas Kesehatan Aceh Tengah akan menyelenggarakan operasi gratis terhadap penderita bibir sumbing, yang dijadwalkan berlangsung di RSUD Datu Beru Takengon, pada 14 Februari 2020 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah Jayusman mengatakan kegiatan yang dilaksanakan bersama Lembaga Amal Smile Train Aceh, merupakan salah satu acara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-443 Kota Takengon.

Dijelaskan, sebanyak 23 anak penderita celah bibir maupun langit-langit akan menjadi peserta dalam operasi tersebut yang bukan hanya berasal dari Aceh Tengah namun juga kabupaten tetangga yakni Bener Meriah.

“Ini sebenarnya sudah yang Ketiga kali dilaksanakan, untuk tahun ini temanya, Tersenyum Bersama Pemda Aceh Tengah, untuk acaranya kita akan siapkan 10 kamar di RSUD Datu Beru, sedangkan untuk tenaga medisnya, itu dari pihak Smile Train,” katanya, Selasa (11/2/2020).

Jayusman menambahkan, dalam kegiatan pihaknya sudah mengelaurkan pengumuman melalui sejumlah media, agar masyarakat yang ingin mengikuti acara tersebut mendaftarkan diri di Puskesmas pada kecamatan masing-masing.

Selain itu ungkapnya, juga terdapat sejumlah pendaftar lainnya namun terpaksa tidak dapat mengikuti operasi dikarenakan belum memenuhi persyaratan yang ditetapkan seperti faktor usia maupun kondisi kesehatan lainnya.

“Kalau menyangkut usia yang belum cukup, kita tidak ikutkan tahun ini, tapi akan ikut pada tahun berikutnya, termasuk juga beberapa peserta pada tahun ini, terdapat dari mereka yang merupakan peserta yang belum dapat dioperasi, dalam pelaksanaan tahun sebelumnya,” pungkas Jayusman.(FJ)

00:00:00 / 00:00:00