• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

BPK RI Segera Berkunjung, Kepsek Diminta Selesaikan Laporan Dana BOS

16 January
15:39 2020
0 Votes (0)

KBRN,Takengon : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah Drs Uswatuddin Map meminta seluruh kepala sekolah di daerah itu untuk segera menyelesaikan laporan penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2019.

Hal tersebut diungkapkan Uswatuddin, pada kegiatan pelantikan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Dasar (SD) setempat periode 2020-2023, yang berlangsung di Gedung Bale Pendari, Takengon, Kamis (16/1/2020).

Disebutkan, laporan itu penting untuk segera diselesaikan mengingat dari informasi yang diterima pihaknya Badan Pemerika Keuangan (BPK) Republik Indonesia, akan segera berkunjung untuk melakukan pemeriksaan dalam pekan ini.

Terlebih tambahnya, dari data yang ada pada Dinas Keuangan setempat sebagian besar sekolah baik SD dan SMP, belum menyelesaikan laporan penggunaan dana yang diberikan pemerintah pusat dalam bagian program wajib belajar tersebut.

“Saya terima informasi dari Pak Zulkifli (Kadis Keuangan), 90 persen sekolah belum menyampaikan laporannya, sekolah SD maupun SMP, termasuk sekolah SD yang top (favorit), maupun SMP yang top,” katanya.

Sementara itu, mulai tahun 2020 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, akan langsung menyalurkan dana BOS ke sekolah sehingga tidak lagi dibagikan melalui pemerintah daerah.

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh setiap sekolah ketika akan melakukan pencairan dana tersebut, yakni wajib melampirkan data atau laporan terkait penggunaan dana BOS tahun sebelumnya.(FJ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00