• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

STAIN Gajah Putih Takengon Mulai "Penen" Doktor

15 January
07:45 2020
0 Votes (0)

KBRN, Takengon: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon, Aceh mulai "memanen" tenaga Dosen berkualifikasi pendidikan Doktor. 

Ketua STAIN Gajah Putih Takengon Dr. Zulkarnain kepada RRI menyampaikan saat ini terdapat 36 orang Dosen yang sedang berproses melaksanakan pendidikan pada program Doktoral pada sejumlah Universitas dalam dan luar Negeri.

“Pada Tahun Akademik 2020 ini paling tidak 18 orang dosen menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Doktor. jumlah ini antara lain, 10 orang program studi Pendidikan Islam dan 2 orang program studi Ekonomi Syari'ah pada pascasarja Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Data  ini diperoleh berdasar rapat evaluasi antara Ketua STAIN Gajah Putih Takengon (Dr. Zulkarnain) dengan Direktur (Prof, Dr. Syukur Kholil, MA) dan Wakil Direktur Pascasarjana (Dr. Akhyar Zein, MA) tanggal 10 lalu di kampus Pascasajana UIN-SU. evaluasi ini dilakukan untuk melihat proses dan hasil kerjsama antara STAIN Gajah Putih Takengon dengan UIN Sumatera Utara dalam bidang penguatan Sumberdaya Dosen melalui pendidikan Doktoral yang ditanda tangani oleh Rektor UIN-SU dengan Ketua STAIN Takengon Tahun 2016 lalu,” ujar Ketua STAIN Gajah Putih Takengon Dr. Zulkarnain, Rabu (15/1/2020).

Sementara itu Direktur Pascasajana UIN-SU Prof, Dr. Syukur Kholil, MA cukup apresiasi mahasiswa S3 STAIN Gajah Putih Takengon yang ulet dalam proses perkuliahan.

"Kita apresiasi mahasiswa S3 dosen STAIN Gajah Putih mereka cukup ulet dan kerja keras dalam proses perkuliahan juga dalam proses menyelesaikan Disertasi mereka" kata Prof. Syukur Kholil. 

Disisi lain, Wakil Direktur Pascasajana UIN-SU Dr. Akhyar Zein, MA menyampaikan saat ini ada sebanyak 12 orang sudah selesai proses sidang tertutup, satu orang dari program studi Ekonomi Syari'ah atas nama Ika Hartika hari ini (10 Januari 2020) sidang terbuka.

“Jadi 11 orang lagi dalam proses menuju promosi doktor semoga tidak ada kendala yang berarti sehingga dapat berjalan dengan baik,” disampaikan Wakil Direktur. 

STAIN menyampaikan terimakasih Kepada Rektor, Direktur beserta jajarannya, karena program tersebut merupakan ikhtiar memperuat SDM Dosen, disamping memperkuat kapasitas keilmuan juga memperkuat kapasitas transformasi lembaga. 

“Tahun 2016 Lalu 13 orang dosen tetap bukan PNS lulus seleksi Program S3, uang kuliah mereka dibantu oleh Baitul Mal Aceh Tengah dua Semester (Semester I dan II). Semester selanjutnya uang kuliah mereka dari Institusi STAIN Gajah Putih Takengon. Dalam penyelesaian Disertasi 8 orang memperoleh Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP) dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Kementerian Agama Tahun Anggaran 2019,” timpal Zulkarnain.

Selain yang telah disebutkan di atas, sekitar 6 orang dosen tugas belajar untuk penyelesaian pendidikan S3 juga papar Ketua STAIN juga harus sudah kembali bertugas pada tahun 2020 ini.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00