• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pokdarwis Minta Pemda Terbitkan Qanun Larangan Berburu Flora dan Fauna

13 January
17:18 2020
1 Votes (5)

KBRN, Redelong : Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tingkem meminta pemerintah kabupaten Bener Meriah segera menerbitkan qanun atau peratuaran daerah tentang pelarangan berburu flora dan fauna dilindungi di Burni Oregon. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Humas Pokdarwis Tingkem Syah Antoni kepada RRI, Senin (13/1/2020).

Menurutnya qanun tersebut dinilai sanagat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dikawasan Burni Oregon, mengingat perburuan hewan seperti burung dikawasan itu sudah sangat mengkhawatirkan.

“Kepeduluan terhadap lingkungan itu kan artinya luas, tidak hanya pohonnya saja. Tapi flora dan fauna juga harus kita jaga. Seperti burung maupun tanaman yang dilindungi.” Kata Antoni.

Selama ini kata Antoni dalam mencegah perburuan liar di Burni Oregon pihaknya tidak dapat berbuat banyak  karana belum adanya payung ukum yang mengatur hal tersebut. Sehingga yang dilakukan hanya sebatas memasang plang larangan maupun himbauan secara lisan yang dinilai tidak begitu efektif.

Sementara itu sebelumnya Bupati Bener Meriah Sarkawi mengatakan pihaknya aka membuata aturan terkait dengan penggunaan senapan angin.  Apalagi berdasarkan pengamatan dibeberapa lokasi rusaknya buah kopi disebabkan  karena munculnya hama yang selama ini menjadi makanan burung. Sehingga berkurangnya populasi burung  menyebabkan keberadaan hama tersebut semakin tak terkendali.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00