• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Tagore Dukung Tambang Emas di Aceh Tengah, Tapi Dengan Beberapa Syarat

17 December
18:01 2019
0 Votes (0)

KBRN,Takengon : Ketua Dewan Adat Gayo (DAG) Tagore Abubakar mendukung rencana ekploitasi tambang emas yang akan dilakukan oleh PT Linge Mineral Resources (LMR) di Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah.

Mantan Anggota DPR RI periode 2014-2019 itu kepada awak media di salah satu kafe di Takengon, Selasa (17/12/2019) menilai, kegiatan tersebut akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Hanya saja dirinya menginginkan adanya sejumlah persyaratan sebelum perusahaan itu benar-benar beroperasi, sehingga hasilnya dapat memiliki dampak yang sangat positif bagi kehidupan masyarakat.

Disebutkan, adapun beberapa persyaratan yang diharapkan, selain tidak akan berakibat buruk bagi lingkungan sekitar, kepemilikan sebagian saham juga harus diberikan kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Aceh Tengah.

“Dengan data-data ini, saya dukung tambang emas itu, dengan syarat tidak merusak lingkungan, kemudian pemerintah daerah dapat saham 10 persen, Tujuh persen untuk Aceh Tengah, kemudian Tiga persen untuk Propinsi, ini seperti yang berlaku di Papua,” katanya.

Tagore Abubakar menambahkan dari hasil kajian serta data-data yang diperoleh termasuk dari PT LMR, keberadaan tambang emas tidak akan mengganggu situs sejarah peradaban masyarakat dataran tinggi Gayo.

Dijelaskan, dari total 116 hektar lahan yang akan diekploitasi tidak akan merusak atau menggusur keberadaan makam Reje Linge, dikarenakan lokasi lahan tambang berada sekitar 11 kilometer dari makam tersebut.

“Kalau menurut saya, ini tidak akan mengganggu peradaban adat istiadat Gayo, yang dapat merusak itu justru kemiskinan, peperangan dan lainnya, tapi kalau masyarakat disana sejahtera, adat, budaya maupun agama, akan tetap terjaga,” tambahnya.

Seperti ramai diberitkan, rencana pengoperasian tambang emas di Aceh Tengah mendapat penolakan dari sejumlah kalangan, bahkan aksi unjuk rasa juga kerap dilakukan baik di gedung DPRK Aceh Tengah maupun DPR Aceh.(FJ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00