• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ippemata Gelar Festival Seni Gayo di Banda Aceh

10 December
18:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh: Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Aceh Tengah (IPPEMATA-Banda Aceh), akan menggelar kegiatan Festival Seni Gayo.

Kegitan yang rencananya dipusatkan di  gedung taman budaya Banda Aceh berlangsung pada tanggal 16 Desember 2019.

Ketua Panitia acara Zulpan menyampaikan pagelaran seni Budaya Gayo untuk menyambut milad organisasi Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Aceh Tengah (IPPEMATA-Banda Aceh) yang pada tahun 2019 ini menginjak usia 14 tahun.

“Kegitan ini merupakan untuk menyambut 14 tahun Milad Ippemata-Banda Aceh, acara ini di kemas bertajuk " 14th Ippemata Festival Seni Gayo" yang bertemakan Gelah Murum Sara Perdu, lagu Guel Si Bersatu, Lagu Didong Si Behu, Lagu Denang Si Merdu,” ujar Ketua Panitia acara Zulpan kepada RRI, Selasa (10/12/2019).

Ketua Ippemata-Banda Aceh Sutrisno menambahkan bahwa pagelaran seni tersebut nantinya akan diisi oleh putera –puteri dari dataran tinggi Gayo. Baik seni music maupun seni tari budaya.

“Festival seni gayo, ada seni music dan seni tari, nanti yang isi ada dari mahasiswa yang di Banda Aceh dan ada juga yang kita rencanakan dari Takengon,” timpal Sutrisno

Sementara itu Sekretaris kegiatan, Reza Arisma menyebutkan bahwa acara pagelaran senin akan di hadari oleh alumni IPPEMATA-Banda Aceh serta Pemerintah kabupaten Aceh Tengah.

 “Dan akan di meriahkan dengan berbagai pertunjukan seni musik dan tarian dari dataran tinggi Tanoh Gayo seperi didong, tari guel, tari kreasi dan musisi-musisi dari dataran tinggi Tanoh Gayo,”jelasnya

Reza berharap, kegiatan  dapat menanamkan serta membangun nilai-nilai luhur budaya sejak dini.

“Agar generasi mendatang memiliki karakter dan prinsip yang kokoh dalam meningkatkan pemahaman tentang perlunya upaya menjaga dan melestarikan seni dan budaya, sekaligus menjadi menjadi ajang silaturahmi pemuda, pelajar, masiswa Gayo di Banda Aceh dan Aceh Besar,” demikian Reza

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00