• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Buntu, Massa Aksi Tolak Tambang di Takengon Ancam Kembali Dengan Jumlah Massa Besar

5 December
18:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Massa aksi tolak tambang emas di Takengon, Aceh Tengah ancam kembali melakukan aksi dengan jumlah massa yang lebih besar.

Ancaman itu dilayangkan pasca aksi yang dilancarkan Kamis (5/12) tidak membuahkan hasil. Jawaban dari pemerintah daerah dianggap normatif. Massa juga kecewa, Bupati Aceh Tengah tak hadir dalam audiensi yang berlangsung di ruang sidang DPR. 

"Dari eksekutif yang hadir juga Kabag dan kepala dinas, untuk mengambil satu kebijakan konkrit tidak bisa," kata ketua HMI Aceh Tengah Suyanto.

Kepala DLHK Aceh Tengah Zikriadi dan Kabag Ekonomi Marwandi Munte yang hadir dalam audiensi menyebut kewenangan sejumlah izin tambang emas tidak berada di kabupaten, termasuk izin Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) sebagai salah satu syarat operasi tambang emas dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya. 

Hingga massa dibubarkan Kamis (5/12) sore, tak satu kesepakatanpun dicapai. Aksi tolak tambang juga berencana akan berdemo di halaman kantor Gubernur Aceh pada 16 s/d 22 Desember 2019. 

Penolakan itu mencuat ke publik sejak 4 April 2019 setelah diumumkan rencana penambangan dan pengolahan bijih emas dmp di Proyek Abong, berlokasi di Lumut, Owaq, dan Penarun, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah. Besaran rencana kegiatan sekitar 9.684 Ha dengan target produksi maksimal 800 ribu ton/tahun.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00