• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ini Alasan Masyarakat Jauhi Penderita HIV AIDS

2 December
18:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Hari AIDS sedunia diperingati tanggal 1 desember setiap tahunnya. Salah satu maksud peringatan tersebut adalah memberitahukan kepada masyarakat dunia bahwa perlu kesadaran tentang dampak penyebaran penyakit HIV AIDS tersebut.

Di Indonesia, sebagian masyarakatnya masih banyak yang menjauhi penderita HIV AIDS. Padahal sejumlah pengetahuan telah diberikan kepada masyarakatnya.

Psikolog dari Kabupaten Bener Meriah Ismi Niara Bina menyampaikan, bahwa ada beberapa sebab mengapa masyarakat hingga saat ini masih menjaga jarak dengan penderita HIV AIDS.

Hal itu tidak terlepas dari awal mulanya masyarakat Indonesia dikenalkan informasi yang kurang tepat mengenai HIV AIDS.

“Sebenarnya itu berawal dari penyebaran informasi di awal. Jadi awal mula HIV AIDS itu dikenalkan ke khalayak ramai ke masyarakat Indonesia itu langsung di sangkut pautkan ke prilaku negative. Prilaku “seksual bebas”. Jadi terbentuklah stigma ditengah masyarakat kalau ada penderita HIV AIDS itu secara otomatis merupakan orang dengan prilaku seksual yang tidak baik, itu awalnya,” ujar Psikolog dari Kabupaten Bener Meriah Ismi Niara Bina, Senin (2/12/2019).

Penyebaran HIV AIDS , tambah Psikolog dari Kabupaten Bener Meriah Ismi Niara Bina, diketahui tidak saja melalui seks, akan tetapi dari jarum suntik, transfuse darah dan sebagainya.

“Itu harusnya kita gaungkan lagi, penyebaran HIV AIDS bukan satu pintu,” timpalnya lagi.

Masyarakat juga harus menyadari, bahwa penderita HIV AIDS sama dengan penderita penyakit lain, memiliki hak hidup, memiliki perasaan dan memiliki hak diperlakukan manusia.

Maka dari itu diminta kepada masyarakat untuk tidak mengucilkan dan melakukan diskriminasi terhadap penderita HIV AIDS.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00