• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Ada Pemangkasan Kopi Massal di Bener Meriah

28 November
13:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Pemerintah Provinsi Aceh terus berupaya meningkatkan produksi dan produktifitas tanaman dengan melakukan berbagai kegiatan, salah satunya adalah pemangkasan kopi di Desa Waq Pondok Sayur, Kabupaten Bener Meriah.

Demikian dikatakan Kabid Pembenihan Produksi Perlindungan Perkebunan pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Cut Huzaimah dalam sambutannya pada kegiatan pemangkasan tanaman kopi secara massal tersebut.

Disebutkan, Bener Meriah memiliki lahan perkebunan kopi seluas 46.273 Hektar namun produktifitas kopi arabika hanya mencapai 824 Kilogram yang seharusnya mampu mencapai 3 Ton per hektarnya.

Untuk itu ujarnya, pemangkasan perlu dilakukan guna meningkatkan produktifitas tanaman kopi.

“Secangkir kopi yang kita minum hari ini bukan datang dari langit secara cuma-cuma tapi butuh perawatan berkala agar tanaman dapat menghasilkan panen kopi berkualitas dan tentu memiliki karakter rasa yang menarik,” jelasnya, Kamis (28/11/2019).

Sementara itu Bupati Bener Meriah Sarkawi menjelaskan, pemangkasan massal harus terus dilakukan secara berkala dengan lahan yang lebih luas kedepannya.

Menurutnya, kegiatan seperti itu dapat menggugah para petani untuk belajar dan perlahan produktifitas kopi menjadi lebih baik dari Tahun ke Tahun.

“Kali ini kita dibantu 30 Hektar untuk dilakukan pemangkasan massal, kita berharap kedepan pemangkasan ini dilakukan betul-betul lebih massal lagi,” tegasnya.

Sarkawi berharap, tiga lahan perkebunan warga di setiap Desa dapat dijadikan percontohan sehingga dapat menjadi acuan bagi lahan perkebunan kopi warga lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00