• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Cegah Stunting, Bener Meriah Bentuk Puluhan Rumoh Gizi Gampoeng

14 November
16:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Redelong : Pemerintah kabupaten Bener Meriah bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kabupaten setempat membentuk puluhan Rumoh Gizi Gampong (RGG) di sejumlah kampung.

Kepala Dinas Kesehatan  Bener Meriah Iswahyudi Haryono  kepada RRI menjelaskan Rumoh Gizi merupakan salah satu upaya untuk menekan angka stunting melalui pemberian asupan makanan bergizi sesuai kebutuhan untuk ibu hamil dan balita.

Saat ini ungkapnya dikabupaten Bener Meriah sudah terdapat 50 Rumoh Gizi Gampong yang tersebar disejumla kampung di kecamatan Bandar dan Timang Gajah. Pembentukan RGG tersebut juga turut  dibantu mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh yang sedang melaksanakan kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tematik.

“RGG ini lebih banyak kita disitu dalam rangka kita mengedukasi masyarakat, kemudian kita juga ada menyiapkan bahan-bahan    untuk pemberian makanan tambahan untuk Balita, disitu juga ada media edukasi antara kader, petugas kesehatan dan juga masyarakat.” ungkanya, Kamis (14/11/2019).

Sementara itu upaya lain yang dilakukan pemerintah kabupaten Bener Meriah untuk menurunkan angka stunting yaitu penggalangan komitmen dengan lintas sektor terkait, kemudian validasi ulang data bekerjasama dengan Kolaborasi masyarakat dan Pelayanan untuk kesejahteraan (KOMPAK).

Selanjutnya dalam waktu dekat pihaknya juga akan memberikan pembekalan kepada bidan desa bekerjasama dengan petugas gizi di puskesmas serta sosialisasi penaganan stunting secara terintegrasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00