• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Terganjal Persyaratan, Baru 48 Kampung di Aceh Tengah Cairkan Dana Desa Tahap 3

14 November
16:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Pencairan dana desa dikabupaten Aceh Tengah untuk tahap ketiga tahun 2019  terkendala dengan belum dilengkapinya persyaratan dari pemerintah kampung untuk pencairan dana tersebut.

Kepala Bidang Pemerintahan Kampung dan Mukim pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) kabupaten Aceh Tengah Ade Kurniawan menjelaskan hingga pertengahan  November 2019 dari 295 kampung yang ada di daerah itu baru 48 kampung yang telah menyelesaiakan laporan dan telah mencairkan dana desa tahap ketiga.

Oleh karena itu pihaknya terus mendorong pemerintah kampung untuk melengkapi persyaratan yang diminta agar dapat segera diajukan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan, sehingga dana desa tahap ketiga sebesar 40 % dapat ditransfer dari Rekening Umum Khas Negara (RKUN)ke Rekening Umum Khas Daerah (RKUD) untuk kemudian diteruskan ke masing-masing kampung.

“Kita berharap awal Desember sebahagian besar kampungsudah bisa menerima dana desa tahap ketiga ini.” kata Ade Kurniawan, Kamis (14/11/2019)

Pada tahun 2019 ini sebutnya Aceh Tengah mendapat alokasi dana desa sebesar Rp 221 milliar untuk 295 kampung defenitif yang  digunakan untuk melaksanakan berbagai program sesuai peraturan yang telah ditetapkan.

Dana desa sendiri pada prinsipnya merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan  pembangunan melalui peningkatan pelayanan publik, memajukan perekonomian dan mengatasi kesenjangan pembangunan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00