• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ini Tanggapan Kadis Kesehatan Terkait Berobat di Polindes Bayar

10 November
11:36 2019
1 Votes (5)

KBRN, Takengon: Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah Jayusman menyampaikan bahwa kartu BPJS Kesehatan tidak berlaku atau tidak dapat digunakan di Polindes yang memang tersebar di hamper 295 desa di Aceh Tengah.

Maka dari itu, masyarakat diingatkan jika ingin mendapatkan layanan dengan menggunakan BPJS Kesehatan, maka diarahkan untuk memilih Pusat Kesehatan Pembantu (Pustu) atau Puskesmas.

Alasan BPJS Kesehatan tidak berlaku di Polindes, jelas Jayusman, karena tidak masuk jaringan atau perjanjian kontrak kerja.

“Karna bukan jaringan dia (Polindes) yang bisa Pustu dan Puskesmas. Kalau Polindesa umum dia. Memang perjanjiannya enggak ada di Polindes, kalau mereka klam ke BPJS Kesehatan ditolak, perjanjian hanya Pustu dan Puskesmas,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah Jayusman, di release, Minggu (10/11/2019). Baca Layanan Kesehatan di Aceh Tengah Kembali Dikeluhkan

Diakui Jayusman, tidak semua desa di Aceh Tengah memiliki Pustu. Biasanya Pustu didirikan untuk menaungi tiga sampai empat desa yang memang jauh dari Puskesmas.

Sebelumnya, keluhan layanan kesehatan disampaikan warga di Kecamatan Jagong Jeged, karena berobat di Polindes dikenakan biaya dan BPJS Kesehatan tidak berlaku.

Warga desa Gegarang, Mulyadi mempertanyakan obat-obatan yang di dapat oleh Polindes dan Bidan yang membuka layanan kesehatan.

“Polindes yang ada di masing-masing kampung sumber obat tersebut dari mana, sementara kita ketahui bersama bahwa fasilitas yang ada di Polindes tersebut itu bersumber dari Anggaran Daerah,” ujar warga Gegarang, Mulyadi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00