• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Deteksi Dini PTM, Dinkes Bener Meriah Gelar Medical Chek Up Setiap Bulan

7 November
15:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Deteksi dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) launching, Dinas Kesehatan akan gelar medical chek up bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) setiap bulannya di Setdakab Bener Meriah.

Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Dinkes setempat Hajjah kepada RRI mengatakan, chek kesehatan tersebut dilakukan sebagai upaya mengurangi penderita PTM di kalangan ASN Pemerintah Kabupaten kopi tersebut.

Dijelaskan, tenaga pemeriksaan kesehatan nantinya bukan petugas dari Dinas Kesehatan melainkan memberdayakan pegawai Setdakab yang telah diberikan pelatihan sebelumnya.

 “Kegiatan ini akan terus berlanjut setiap bulannya dan tenaganya sudah kita latih dari Setdakab sendiri, jadi yang melakukan deteksi dini nanti bukan petugas kesehatan langsung,” ujarnya, Kamis (7/11/2019).

Seperti sebelumnya sambung Hajjah, Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) telah dibentuk di 52 persen dari keseluruhan Desa yang ada di negeri kopi berselimut kabut tersebut.

Saat ini tambahnya, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dalam pencegahan awal terjangkit penyakit tidak menular masih menjadi kendala yang cukup berarti.

“Yang susah itu menumbuhkan kesadaran masyarakat sebenarnya, bahwa untuk mengobati penyakit tidak menular biayanya tidak murah,” sebutnya.

Namun demikian pungkasnya, pihaknya terus melakukan sosialisasi bahwa mencegah penyakit masih lebih murah dibandingkan harus mengobati kemudian.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00