• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dinkes Bener Meriah Launching Deteksi Dini PTM di HKN Ke-55

7 November
14:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Ratusan peserta dan Pemerintah Daerah Bener Meriah peringati Hari Kesehatan Nasional ke-55 dengan berbagai kegiatan menarik diantaranya jalan santai dan medical chek up Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kepala Dinas Kesehatan setempat Iswahyudi Haryanto kepada RRI mengatakan, peringatan itu juga diwarnai dengan launching deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular oleh Plt. Sekretaris Daerah Bener Meriah Khairun Aksa di lapangan Setdakab setempat.

Ia menjelaskan, deteksi dini penyakit sangat diperlukan mengingat saat ini jumlah penderita penyakit tidak menular dari waktu ke waktu semakin tinggi.

“Kita juga gelar deteksi dini penyakit tidak menular sebagai wujud kepedulian kita untuk mengurangi resiko jatuh sakit, karena semakin lama prevalensi penderita penyakit tidak menular ini semakin tinggi,” terangnya, kamis (7/11/2019).

Sementara itu Kasi Penyakit Tidak Menular dan Keswa pada Dinkes setempat Hajjah menambahkan, deteksi dini tersebut merupakan langkah promotif dan preventif dalam upaya mengurangi penderita penyakit tidak menular.

Dijabarkan, upaya itu sebenarnya selama ini telah dilakukan melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM yang ada di setiap Desa sehingga ringkasnya, hal tersebut juga perlu direalisasikan ke kawasan perkantoran.

“Posbindu yang sudah ada di Desa itu fungsinya juga untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular di masyarakat, sehingga perlu kita perluas ke kawasan perkantoran melalui launching deteksi dini PTM ini,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00