• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Aceh Tengah Rawan Terpapar Paham Radikalisme

6 November
16:41 2019
0 Votes (0)

KBRN,Takengon : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Propinsi Aceh menggelar kegiatan Focus Group Disscusion (FGD) tentang pencegahan terorisme dan radikalisme pada salah satu kafe di Takengon, Aceh Tengah Rabu (06/11/2019).

Kepala Bidang Penanganan Konflik Sosial Kesbangpol Aceh Halim Perdana Kesuma mengatakan, dari data Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) setidaknya terdapat 12 Propinsi yang rawan terpapar paham radikalisme.

Dijelaskan, data yang dikeluarkan pada tahun 2016 lalu itu menyebutkan Aceh sebagai salah satunya, dimana paham tersebut rawan berkembang pada sejumlah kabupaten kota di bumi serambi Mekkah termasuk Aceh Tengah.

“Jadi kami hadir untuk mencari masukan-masukan, yang nantinya akan kami bawa ke Banda Aceh, kami akan bahas dengan beberapa pihak, sehingga nanti bisa kembali di petakan, daerah-daerah mana yang masih rawan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penelitian Forum Koordinasi Pencegahan Teroris (FKPT) Aceh Mukhlisudin Ilyas dalam pemaparannya menyampaikan, jika radikalisme dekstruktif menjadi salah satu ancaman bagi negara saat ini.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak semua lapisan masyarakat agar dapat bersama-sama melakukan pencegahan, dengan memahami beberapa ciri-ciri seseorang telah terpapar radikalisme.

“Ciri-cirinya yang pertama ekskusif, mereka membangung kelompoknya tanpa bergaul dengan masyarakat sekitar, kemudian yang kedua intoleransi, ketiga sering melakukan nikah tanpa wali, sedangkan keempat meraka sangat mudah mengakafirkan kelompok lain,” jelasnya.

Kegiatan FGD pencegahan terorisme dan radikalisme sendiri diikuti sejumlah peserta diantaranya  perwakilan SKPK, TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan serta tokoh pemuda.(FJ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00